Zaskia Adya Mecca Tak Nyaman Pakai Kontrasepsi, Suami Sempat Terpikir Vasektomi

Zaskia Adya Mecca bersama suami, Hanung Bramantyo. Foto ini diunggah pada Minggu, 18 April 2020. Instagram.com/@zaskiadyamecca

ragam

Zaskia Adya Mecca Tak Nyaman Pakai Kontrasepsi, Suami Sempat Terpikir Vasektomi

Selasa, 27 Juli 2021 23:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan suami istri Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo bersyukur dikaruniai lima buah hati, Kana Sybilla Bramantyo, Kala Madali Bramantyo, Bhai Kaba Bramantyo, Bhre Kata Bramantyo, dan Bhaj Kama Bramantyo. Walaupun demikian, mereka mengaku awalnya tak pernah terpikir memiliki anak banyak.

"Abis satu, udah ya. Abis dua, udah ya. Abis tiga, udah ya. Gitu trus, ya," ujar Zaskia dikutip dari kanal YouTube The Sungkars Family, Selasa, 27 Juli 2021.

Menyoal pengendalian kelahiran, Zaskia mengaku sempat memakai alat kontrasepsi. Tapi tak berlangsung lama karena ia mengalami sakit, bahkan pendarahan. 

"Pake spiral gitu gak nyaman, pernah pendarahan juga. Jadi, udah gak mau pake lagi," tutur bintang sinetron Para Pencari Tuhan itu.

Melihat kondisi istrinya seperti itu, Hanung sempat terpikir ingin sterilisasi. "Karena aku gak nyaman dengan KB-nya, akhirnya dia pikir 'aku aja deh yang mau disteril'," tukas Zaskia saat berbincang via aplikasi video dengan kedua sahabatnya, Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu.

"Iya, aku sempat berpikir begitu," Hanung membenarkan pernyataan sang istri.

Sterilisasi atau vasektomi merupakan metode pengendalian kelahiran dengan mencegah sperma dilepaskan saat ejakulasi, dikutip dari Healthline. Selama prosedur, vas deferens dipotong atau diikat. Vas deferens adalah saluran yang membawa sperma dari testis ke uretra. Jadinya, saat pria ejakulasi tidak mengeluarkan sperma saat bercinta sehingga tidak dapat menyebabkan kehamilan.

Meskipun vasektomi secara teoritis reversibel, pembalikannya tidak selalu berhasil. Jadi, pertimbangkan vasektomi hanya jika Anda yakin tidak ingin memiliki anak lagi. Menurut American Urological Association, kehamilan akan terjadi kurang dari 2 dari setiap 1.000 pasangan di mana pria telah menjalani vasektomi.

Kembali ke Hanung, setelah mempertimbangkan sejumlah hal, termasuk fungsi organ vitalnya, ia mengurungkan niat tersebut. "Trus kalau terjadi apa-apa, trus ternyata gak bisa berdiri 'tegak', gimana?" tukasnya.

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo menikah pada 14 September 2009. Pasangan beda usia 13 tahun ini salah satu pasangan selebriti yang kerap membagikan aktivitas keluarganya di media sosial dan ditunggu-tunggu oleh warganet atau netizen.

Baca juga: 7 Tahun Pertama Jadi Ibu, Zaskia Adya Mecca Mengaku Sempat Bingung Bagi Waktu