Irish Bella Membacakan Buku ke Putranya Tiap Malam, Kuncinya Intonasi dan Emosi

Irish Bella dan Air Rumi Akbar 1453 (Instagram/@_irishbella_)

keluarga

Irish Bella Membacakan Buku ke Putranya Tiap Malam, Kuncinya Intonasi dan Emosi

Kamis, 22 Juli 2021 17:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Irish Bella mengaku membacakan buku ke putranya, Air Rumi Akbar 1453, setiap malam. Ibel sapaan akrabnya menyadari bahwa membaca buku adalah salah satu caranya menstimulasi tumbuh kembang putranya yang baru saja berusia 10 bulan pada 18 Juli 2021.

"Rutinitas aku sebelum tidur, aku membacakan dongeng buat Air," ucap Irish Bella dalam webinar Mama's Choice "Lewat Membaca Tenangkan Ibu & Anak Saat Pandemi", Kamis sore, 22 Juli 2021.

Menurut istri Ammar Zoni itu, penting membiasakan membaca pada anak sejak dini. Sebab hal itu bisa meningkatkan kemampuan anaknya berinteraksi dan berbahasa. Oleh karena itu, ia dan suami konsisten memberi contoh, mereka juga bergantian untuk membacakan dongeng kepada putranya.

(ketiga sesuai arah jam) Irish Bella dalam webinar Mama's Choice "Lewat Membaca Tenangkan Ibu dan Anak saat Pandemi" pada Kamis, 22 Juli 2021. Foto: Dok. Mama's Choice

Saat membacakan buku ke putranya, Ibel mengaku pentingnya intonasi dan emosi. Sebab hal itu bisa meningkatkan kemampuan anaknya berinteraksi dan berbahasa. Anak bisa melihat perbedaan mimik wajah si pendongeng seperti saat mengungkap sedih, murung, dan bahagia. Begitu pula dengan intonasi bicara saat berbisik, menenangkan atau mengajaknya melakukan sesuatu.

"Bisa lebih dekat karena sering bonding bareng. Berinteraksinya juga lebih pintar, karena kita membacakan bukunya dengan intonasi dan emosi," kata perempuan 25 tahun itu.

Ibel menjelaskan Air selalu merespons saat diajak bicara. Air juga ekspresif dalam berbagai ucapan atau gerakan yang dimengerti olehnya dan Ammar Zoni.

Selain itu, Ibel mengungkap momen membacakan dongeng itu menjadi salah satu caranya memperkuat ikatan cinta antara orang tua dan anak atau bonding time.

Bicara soal pemilihan bukunya, sama seperti ibu lainnya dengan anak usia kurang dari satu tahun, Irish Bella memilih buku dengan banyak gambar, warna-warni, dan tokoh-tokoh yang mudah dikenal anak di sekitarnya, seperti hewan dan tumbuhan.

Baca juga: Mantap Berhijab saat Hamil, Irish Bella: Malu sama Doa Aku Sendiri