Bumbu Masak Ini Wajib Ada di Dapur Rumah Chef Renatta

Berada di MasterChef Indonesia, posisi Chef Renatta menggantikan Chef Rinrin Marinka menjadi juri bersama Chef Juna dan Chef Arnold. Foto/instagram/renattamoeloek

kuliner

Bumbu Masak Ini Wajib Ada di Dapur Rumah Chef Renatta

Selasa, 19 Januari 2021 18:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Renatta Moeloek atau akrab disapa Chef Renatta mengaku lebih suka memasak hidangan simpel saat berada di rumah. Selain hidangan itu sesuai seleranya, hidangan simpel juga tak banyak menyita waktu persiapan dan memasak usai ia bekerja berbelas jam sebagai chef di Fedwell, Jakarta.

Mengingat hidangan simpel yang jadi favoritnya, Renatta menyebutkan garam salah satu bumbu yang wajib ada di dapur rumahnya. "Soalnya bumbu yang ada di rumah kan tergantung masakannya apa. Kalau aku, aku di rumah jarang masak masakan Indonesia. Aku suka masak masakan Indonesia untuk orang lain, bukan untuk diri sendiri," ucapnya dalam tayangan YouTube Her World Indonesia, Senin, 18 Januari 2021.

Menurut chef Renatta, saat memasak kuliner Indonesia yang lezat perlu persiapan panjang yang tak bisa dilewatkan tahapannya, sementara ia ingin beristirahat di rumah dan tak suka menggunakan bumbu instan saat memasak hidangan Indonesia.

Oleh sebab itu, ia selalu memasak western food di rumah. "Bukan karena sukanya western food, karena gampang," tutur perempuan berdarah Sunda-Padang itu.

Selain garam, bumbu yang wajib ada di dapur rumah Chef Renatta adalah lada, bawang-bawangan, dan aromatik. Ia senang menghirup aroma herbs tersebut saat memasak hidangan favoritnya.

"Jadi, buat masak di rumah, yang penting ada garlic-garlic, onions, sama herbs. Soalnya, me really really love herbs, tyhme," ungkapnya. 

Chef Renatta Moeloek yang merupakan lulusan Le Cordo Blue Culinary School di Paris identik dengan pakaian warna serba hitam ataupun padu padan monokrom dan coklat. Instagram/@renattamoeloek

Untuk tips kombinasi bahan-bahan masakan, Renatta menyebutkan tergantung pada masakan yang ingin dibuat dan selera masing-masing. "Apalagi untuk masak sendiri, jadi harus enak sesuai selera sendiri. Which is gak repot," pungkasnya sembari tertawa.

Meski jarang memasak hidangan Indonesia di rumah, chef Renatta mengaku suka menyantap kuliner Tanah Air. Di antaranya hidangan dengan sambal dabu-dabu, sambal matah, dan makanan kaya aromatik khas Indonesia seperti ada tambahan daun jeruk, sereh, dan kemangi. Sedangkan hidangan barat atau western food yang kerap disantapnya adalah makanan Eropa.

Nama chef Renatta Moeloek kian dikenal sejak menjadi salah satu juri di kompetisi memasak, MasterChef Indonesia, yang ditayangkan di RCTI. Ia didapuk menjadi juri di MasterChef Indonesia season 5 pada 2019, menggantikan chef Rinrin Marinka yang menjadi anggota juri di beberapa season sebelumnya. Sementara, dua juri lainnya merupakan wajah lama, yaitu Chef Juna Rorimpandey dan Chef Arnold Poernomo. Susunan ketiga juri itu tetap berlanjut di MasterChef Indonesia season 6 dan season 7 pada 2019-2020.

 Baca juga: Sukses bagi Chef Renatta, Jadi Orang yang Bahagia dengan Hidupnya