Panduan Menyusui bagi Ibu yang Positif Covid-19, Menurut UNICEF

Ilustrasi menyusui. factretriever.com

kesehatan

Panduan Menyusui bagi Ibu yang Positif Covid-19, Menurut UNICEF

Minggu, 18 Juli 2021 15:30 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu menyusui yang dinyatakan positif Covid-19 tetap dapat memberikan Air Susu Ibu atau ASI kepada buah hatinya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebab ASI mampu melindungi bayi dari risiko terpapar virus. 

ASI mengandung nutrisi utama yang sangat berperan dalam tumbuh kembang bayi, serta meningkatkan daya tahan tubuh guna melindunginya dari berbagai penyakit, termasuk Covid-19.

Berikut beberapa kiat yang bisa dilakukan ibu yang positif Covid-19 saat menyusui bayi, dikutip dari laman Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF), Sabtu, 17 Juli 2021.

1. Tetap menyusui dengan menjaga kebersihan

Sejauh ini, virus Covid-19 belum ditemukan dalam ASI. Oleh sebab itu, ibu menyusui tetap disarankan untuk menyusui dengan tetap memperhatikan kebersihan yang baik.

Misalnya seperti memakai masker saat menyusui, cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menyentuh bayi, lalu bersihkan dan disinfeksi permukaan secara teratur.

2. Tetap menyusui jika terpapar virus

Ibu yang terpapar Covid-19 sesaat sebelum melahirkan dan mulai menyusui, atau mereka yang terinfeksi saat menyusui, akan menghasilkan faktor kekebalan (antibodi) dalam ASI untuk melindungi bayinya dan meningkatkan respons kekebalan bayi itu sendiri.

Artinya, terus menyusui adalah cara terbaik untuk melawan virus dan melindungi bayi Anda.

Namun, jika ibu jatuh sakit dengan gejala demam, batuk atau kesulitan bernapas, dia harus mencari perawatan medis dan mengikuti instruksi dari penyedia layanan kesehatan.

3. Gunakan cangkir dan sendok

Jika kondisi ibu terlalu sakit untuk menyusui, memeras susu, dan meminta anggota keluarga lain yang tidak terinfeksi untuk memberikan pada bayi bisa dijadikan solusi. Gunakan cangkir dan sendok yang bersih untuk memberikan ASI pada bayi. Selain itu, tetap gunakan masker dan mencuci tangan setiap saat untuk menjaga bayi tetap sehat dan aman.

4. Hati-hati dalam memberikan susu formula

Memberi ASI adalah cara terbaik untuk memberi asupan yang ideal bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Namun, ada kasus di mana seorang ibu tidak dapat menyusui atau memutuskan untuk tidak menyusui.

Jika hal ini terjadi, memberi susu formula melalui botol pun menjadi pilihan banyak ibu. Namun perlu diingat bahwa sangat penting untuk memberi asupan pada bayi sesuai dengan petunjuk.

Selain itu, memperhatikan kebersihan pada wadah yang digunakan juga sangat penting. Sebelum memberikan pada bayi, sebaiknya cuci botol, dot, dan peralatan lain secara menyeluruh.

Jadi, aman untuk ibu yang positif Covid-19 untuk tetap memberi ASI kepada buah hati dengan memperhatikan kiat-kiat di atas.

Baca juga: Dokter Tak Rekomendasikan Ivermectin bagi Ibu Hamil yang positif Covid-19