Zaskia Sungkar Belajar Cara Menyimpan ASI dari Adiknya, Shireen Sungkar

(Paling kiri) Zaskia Sungkar dan adiknya, Shireen Sungkar. Instagram.com/@zaskiasungkar15

ragam

Zaskia Sungkar Belajar Cara Menyimpan ASI dari Adiknya, Shireen Sungkar

Rabu, 26 Mei 2021 19:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - YouTuber dan pengusaha Zaskia Sungkar tengah menikmati masa-masa menjadi ibu baru. Ia mempelajari berbagai hal terkait pengasuhan anak hingga air susu ibu (ASI) dari keluarganya, termasuk sang adik, Shireen Sungkar yang sudah dikaruniai tiga anak. Baru-baru ini, ia mempelajari cara menyimpan ASI yang baik dan tepat di dalam kulkas. 

Dalam vlog terbarunya di kanal The Sungkars Family, Rabu, 26 Mei 2021, Zaskia mengungkapkan ia kerap membuang ASI yang telah dipompa dan disimpan di dalam kulkas jika warnanya tak sama dalam satu wadah.

"Gue gak ngerti sama ASI gue. Ini kuning putih. Yang ini kuning kuning," ucapnya ke Shireen sambil menunjukkan dua kantung ASI yang diambil dari kulkasnya.

"Enggak lo buang, kan? Shireen bertanya.

"Gue buang. Gue gak ngerti, apa takutnya udah jelek. Ya gimana, gue pikir udah jelek," jawab Zaskia. Ia beranggapan ASI-nya sudah basi.

Mendengar jawaban kakaknya, Shireen Sungkar kaget dan memberitahu kakaknya bahwa perbedaan warna di ASI itu adalah hal yang normal. Ia menambahkan bahwa ASI yang warnanya bergradasi putih kuning itu karena lemak ASI terpisah saat disimpan. "Itu emang biasanya lemaknya kepisah gitu, enggak basi dong," ucap istri Teuku Wisnu itu.

Baca juga: Foto Keluarga Perdana dengan Ukkasya, Zaskia Sungkar Bergaya Simpel Putih

Berdasarkan pengalamannya memberi ASI ketiga anaknya, Shireen mengaku susah-susah gampang dalam manajemen menyimpan ASI di kulkas. Sebab ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, mulai dari jenis kulkas dan waktu penyimpanan serta penggunaan. 

Menurutnya, freezer di kulkas satu pintu maupun dua pintu punya kualitas freezer yang berbeda dalam menyimpan ASI. "Sebenarnya yang paling tahan lama, setahu gue, kalau misalnya freezer tok (saja). Lo tahu kan gue punya freezer ASI? Gak ada daging, gak ada apa pun, itu freezer khusus ASI," jelas Shireen.

Ternyata, Zaskia sudah memilikinya tapi belum menggunakannya. Shireen lalu mengungkapkan menyimpan ASI di freezer itu bisa bertahan selama 3-6 bulan. Tapi ia tidak pernah menyimpan ASI selama itu sebab kerap digunakan saat ia bekerja di luar rumah.

Selain membahas soal jenis kulkas, Shireen mengingatkan pentingnya first in first out (FIFO) saat mengambil ASI dari kulkas. Maksudnya adalah ASI yang pertama kali disimpan menjadi ASI yang pertama kali digunakan untuk bayi, jangan lupa untuk selalu menulis tanggal penyimpanan.

"Itu kenapa kita tanggalin, itu supaya enggak keselip. Kalau gue naronya, yang paling duluan itu paling depan. Jadi sampai belakang itu yang paling baru," ucap Shireen.

Selain bertukar pengalaman soal menyimpan ASI, Shireen juga menyarankan kakaknya untuk pumping atau peras ASI. Menurutnya, hal itu dilakukan agar produksi ASI lebih banyak. "Kalau gue dulu, baby-nya tidur, gue pumping," tuturnya. 

"Jadi, dia produksi terus, ya," timpal Zaskia.

Zaskia Sungkar melahirkan anak pertamanya dengan Irwansyah, Ukkasya Muhammad Syahki, pada 31 Maret 2021. Pasangan ini dikaruniai buah hati setelah 10 tahun menikah. Keduanya sepakat menjalani program bayi tabung untuk memperoleh keturunan.