Bikin Channel YouTube, Mayangsari: Itu Legacy Buat Anakku

Mayangsari dan putrinya, Khirani Siti Hartina Trihatmodjo. Instagram.com/@mayansaritrihatmodjoreal

profil

Bikin Channel YouTube, Mayangsari: Itu Legacy Buat Anakku

Jumat, 9 Juli 2021 16:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Berkarier lebih dari tiga dekade di dunia musik Indonesia, penyanyi Mayangsari menyadari pentingnya beradaptasi dengan zaman. Di era serba digital ini, ia pun menyesuaikan diri dengan membuat channel YouTube untuk berkreativitas dan mempromosikan karyanya.

"Kan sekarang kayaknya zaman sudah berubah, ya. Kalau dulu kan orang mengenal seseorang dari media televisi. Kalau sekarang, boleh dibilang era milenial itu orang bisa search apa pun dengan satu jari," tuturnya dikutip dari kanal YouTube TS Media, Rabu, 7 Juli 2021.

Selain sebagai salah satu caranya beradaptasi dengan zaman, Mayangsari mengungkapkan membuat konten musik di Youtube bisa mencegah dirinya jadi pikun atau pelupa.

"Keinginan membuat YouTube itu, lebih kepada satu biar gak pikun. Kreativitas itu kan gak ada batasan, ya. Aku mau share pengalaman aku di industri musik itu kalau ditotal sampai sekarang, 32 tahun. Ada satu hal yang pengen aku share bahwa semua orang bisa bernyanyi, tapi enggak semua orang bisa jadi penyanyi," jelas istri Bambang Trihatmodjo ini.

Baca juga: Tak Pakai Jasa Agen Travel, Mayangsari Merencanakan Sendiri Kegiatan Liburan

Mayangsari mengungkapkan selain berbagi pengalamannya di dunia musik, ia juga sesekali menunjukkan kehangatan keluarganya di YouTube. Ia hanya akan membagikan hal-hal global terkait suami dan putrinya, Khirani Siti Hartina Trihatmodjo atau Khiran.

"Dari sisi aku sendiri, aku membatasi aku gak senang ngomongin private life. Jadi kalau pun yang ini (konten bersama keluarga), kayaknya masih di batas okelah, gak terlalu (mendalam)," ucap perempuan 49 tahun ini.

Mayangsari mengaku jika kontennya melibatkan keluarga, biasanya seizin mereka dan terlebih dahulu membuat mereka nyaman di depan kamera. "Aku gak mau ada settingan, karena apa pun yang settingan itu akan terlihat. Jadi, natural aja," imbuhnya.

Mayangsari dan putrinya, Khirani Trihatmodjo, saat take vocal lagu Jangan Pisahkan. Tangkapan layar YouTube Mayangsari Official

Ia juga tak menampik channel YouTube-nya juga menjadi warisan atau legacy musik untuk putrinya. Meski tak memaksa, Mayangsari menyimpan harapan putrinya bisa berkarier di musik. Harapan Mayangsari itu tumbuh dari bakat vokal dan musik Khiran yang terus berkembang.

"Itu legacy buat anakku. Kan yang aku omongin (di YouTube) berhubungan dengan musik. Sebetulnya ingin menggiring ke sana, cuma pelan-pelan, enggak pernah maksa," ucapnya.

Baca juga: Duet dengan Putrinya, Mayangsari: Saya Memaklumi Perubahan Mood Khiran

Di awal tahun ini, Khiran diketahui berduet dengan Mayangsari saat menyanyikan kembali lagu Jangan Pisahkan karya Deddy DorresSelama proses rekaman suara, menurut Mayangsari, suara Khiran sekarang sudah berbeda dari sebelumnya dan menikmati saat bernyanyi. 

Ternyata ini bukan kali pertama Khiran masuk dapur rekaman. Di usia 7 tahun, ia sudah bernyanyi dan membuat video musik, kenang Mayang.

"Nah sekarang saat dia berumur 14 tahun, saya kembali lagi mengajak dia. Which is saya ingin mengenalkan dia bahwa musik itu sampai kapan pun tidak akan pernah hilang," Mayangsari bercerita suasana di balik layar proses rekamannya yang diunggah di YouTube Mayangsari Official pada Rabu, 6 Januari 2021.

Sementara itu, Mayangsari mengaku putrinya yang kini berusia 15 tahun itu belajar latihan vokal dan memainkan alat musik dari YouTube. "Hebatnya anak aku, dia gak ngambil (latihan) vokal. Dengan satu jari, dia bisa search, dia bisa latihan piano, gitar," pungkas Mayangsari.