Cerita Desy Ratnasari Jadi Ibu Tunggal bagi Nasywa: Kadang Jadi Ayah, Ibu, Teman

(kanan ke kiri) Desy Ratnasari bersama putrinya, Nasywa Nathania Hamzah, di Korea Selatan. Foto: Instagram @desyratnasariterdepan

keluarga

Cerita Desy Ratnasari Jadi Ibu Tunggal bagi Nasywa: Kadang Jadi Ayah, Ibu, Teman

Jumat, 9 Juli 2021 14:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejak berpisah dengan pengusaha Sammy Hamzah pada 2013, aktris, penyanyi, dan politikus Desy Ratnasari menjadi ibu tunggal untuk anak mereka, Nasywa Nathania Hamzah. Desy mengaku membangun komunikasi terbuka dan tegas dalam membesarkan putrinya yang kini berusia 19 tahun.

"Saya selalu membiasakan Nasywa untuk ngomong apa pun. 'Nak, kamu boleh protes, boleh kritik bunda, kamu boleh menyampaikan sesuatu hal yang bunda lakukan putuskan itu salah, tapi disampaikan secara santun," ucap Desy dikutip dari kanal YouTube Keluarga Sultan, Senin, 5 Juli 2021.

Ia mencontohkan Nasywa kerap mengingatkannya soal gaya bicaranya yang cepat dan bernada tinggi. Untuk Nasywa dan keluarga sudah memahami bahwa itu gaya bicara Desy dan tidak sedang marah, tapi untuk orang lain yang belum mengenal dirinya bisa jadi dianggapnya sedang marah. Itulah yang ditakutkan Nasywa.

"Karena bahayanya orang itu sakit hati karena mereka gak paham (gaya bicara Desy Ratnasari)," ujar Nasywa.

Selain membangun komunikasi yang terbuka, Desy mengungkapkan ia dan putrinya saling melengkapi di segala situasi. "Karena kita hidup berdua kadang-kadang kondisinya seperti ibu dan anak, ayah dan ibu, trus teman. Atau kadang-kadang dia jadi ibunya, saya anaknya," tutur pelantun Tenda Biru itu.

Dengan jujur, Desy mengakui dirinya merupakan sosok ibu yang tegas. Menurut Desy, di balik setiap aturan yang diterapkannya terdapat sejumlah pelajaran hidup yang bisa diterapkan Nasywa.

Baca juga: Soal Hubungan Asmara Putrinya, Desy Ratnasari Mengaku Demokratis tapi Tegas

"Misalnya, Nasywa pas mau ketemu teman-temannya, oke saya izinkan protokol kesehatan 2 jam. Saya izinkan kamu, jalankan protokol kesehatan swab, 2 jam kamu harus kembali ke rumah. Telat 5 menit, besok tidak pergi lagi," ungkap perempuan 47 tahun itu.

Desy Ratnasari bersama sang putri, Nasywa Nathania Hamzah, di Paris (Instagram/@desyratnasariterdepan)

Dari aturan tersebut, Desy melanjutkan, Nasywa bisa belajar manajemen waktu, mengantisipasi sesuatu yang di luar dugaan, membangun relasi dengan teman-temannya yang mungkin berbeda aturannya, hingga berani punya prinsip berbeda.

"Prinsip kehidupan kita, saya tidak sama loh dengan kamu. Tapi saya juga mau berteman dengan kamu, dan tolong kamu juga hargai kalau saya punya prinsip yang berbeda," ungkapnya.

Desy diketahui sudah menikah sebanyak dua kali. Ia menikah dengan Trenady Pramudya pada 1999. Rumah tangga mereka hanya bertahan selama setahun. Kemudian Desy menikah dengan pengusaha batu bara Sammy Hamzah pada 2001. Pernikahan mereka berlangsung selama dua tahun dan dianugerahi Nasywa.

Hingga saat ini, Desy Ratnasari masih betah sendiri dan hanya nama pengusaha Irwan Mussry yang muncul ke publik sebagai kekasihnya. Diketahui mereka pernah berpacaran selama delapan tahun.