Pisang hingga Kacang, 5 Makanan yang Bantu Meningkatkan Mood

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi mengolah pisang.  Unsplash/Eiliv Sonas Aceron

Ilustrasi mengolah pisang. Unsplash/Eiliv Sonas Aceron

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat tidak semangat, sejumlah orang memilih menyantap makanan untuk membangkitkan suasana hati atau mood. Termasuk Anda? Makanan dengan kandungan tertentu memang membantu meningkatkan mood positif, bikin lebih berenergi, dan bahagia.

Makanan yang kaya asam lemak dan menghasilkan hormon dopamin serta serotonin sangat dianjurkan untuk perbaiki mood. Berikut lima di antaranya, dikutip dari Pink Villa, Rabu, 30 Juni 2021.

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna yang kaya asam lemak omega-3 bisa membantu melawan depresi. Selain berperan penting untuk perkembangan otak, kedua ikan itu juga ampuh meningkatkan perubahan suasana hati Anda.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam tidak hanya terasa enak untuk dimakan, tetapi juga kaya akan hormon endorfin dan serotonin yang terkait dengan suasana hati yang bahagia.

Baca juga: 4 Makanan yang Lebih Sehat Dimakan Mentah, Ada Brokoli dan Kacang

Cokelat Hitam. Unsplash.com/Charisse Kenion

3. Pisang

Pisang kaya akan vitamin B6 yang membantu melepaskan senyawa kimia dopamin dan serotonin dalam tubuh Anda. Kedua senyawa itu memberi energi dan meningkatkan mood sehingga Anda merasa segar dan terkendali. Pisang juga menjaga kadar gula darah dan suasana hati tetap stabil.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah pilihan yang cocok untuk camilan sehat di tengah malam. Kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu menurunkan risiko depresi dan membantu perkembangan sel-sel otak.

5. Gandum

Gandum adalah makanan sarapan yang enak dan bisa dimakan bersama pisang sebagai sereal dalam susu Anda. Gandum adalah penguat suasana hati instan yang luar biasa dan bisa membuat Anda tetap bersemangat sepanjang hari. Anda juga bisa memakannya di malam hari sebelum tidur untuk tidur malam yang nyenyak.

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."