Ini Manfaat Sarapan Tinggi Protein sebelum Olahraga di Pagi Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang kedelai. Sustainablepulse

Ilustrasi kacang kedelai. Sustainablepulse

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Apakah kamu masih bingung memilih menu sarapan yang baik sebelum olahraga di pagi hari? Kini saatnya tentukan pilihan yang tepat. Berdasarkan studi yang dikutip eatthis.com, Rabu, 6 Januari 2021 dan diterbitkan dalam edisi terbaru jurnal Nutrients menunjukkan bahwa asupan protein yang lebih tinggi terkait dengan pembakaran lebih banyak lemak dan rasa kenyang lebih lama.

Hasil itu didapat dari hasilolahraga dari 43 orang dewasa sehat dengan berat badan normal antara usia 18 dan 35 tahun, berdasarkan makanan yang mereka makan sebelum berolahraga. Saat uji coba yang dilakukan pukul sembilan pagi, beberapa peserta diberikan sarapan terkontrol yang terdiri dari roti gandum utuh, selai kacang, dan jus jeruk. Kombinasi ini berjumlah sekitar 30 persen lemak, 55 persen karbohidrat, dan 15 persen protein.

Peserta yang lain menerima pengganti makanan berprotein tinggi (HP-MR) dengan campuran suplemen nutrisi protein kedelai, minyak zaitun, dan susu rendah lemak yang berjumlah 27 persen lemak, 30 persen karbohidrat, dan 43 persen protein. Kombinasi ini aneh namun efektif.

Pukul 10.20 WIB semua peserta menyelesaikan sesi olahraga sedang selama 40 menit di atas treadmill. Rasa lapar mereka kemudian dinilai pada pukul 12 malam. Para ilmuwan menemukan bahwa dibandingkan dengan sarapan terkontrol, sarapan tinggi protein menghasilkan oksidasi lemak yang lebih tinggi selama olahraga dan membantu peserta tetap kenyang sesudahnya.

"Hasil ini menyoroti dampak konsumsi HP-MR selama dan setelah sesi olahraga pada metabolisme energi, sensasi nafsu makan, dan penanda darah metabolik dari orang dewasa dengan berat badan normal dan sehat dari kedua jenis kelamin, dan memberikan informasi lebih jauh tentang peran potensial gabungan strategi untuk manajemen berat badan,” ungkap para penulis penelitian.

Yuk, sebelum olahraga pagi hari, siapkan dulu sarapan tinggi protein yang efektif membakar lemak dan membuat kenyang lebih lama.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."