Suami Terjun ke Politik, Arumi Bachsin: Mau Gak Mau, Aku Seperti Bos di Rumah

(Paling kiri) Arumi Bachsin dan suami, Emil Dardak. Instagram/@arumibachsin_94

keluarga

Suami Terjun ke Politik, Arumi Bachsin: Mau Gak Mau, Aku Seperti Bos di Rumah

Jumat, 2 Juli 2021 07:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris Arumi Bachsin mengaku pekerjaan sang suami, Emil Dardak, mempengaruhi cara mereka mengelola rumah tangga. Seperti diketahui Emil terjun ke politik sejak lima tahun silam, sebelum terpilih sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur saat ini, ia menjabat sebagai Bupati Trenggalek, Jawa Timur. Arumi menyebutkan salah satu tantangan menjadi istri dengan suami kepala daerah adalah bekerja tanpa mengenal waktu.

"Bagaimana akhirnya kita berumah tangga dipengaruhi pekerjaan. Pekerjaan politik ini satu hal yang paling gak enak untuk seorang istri adalah gak ada jam kerja. Ada tamu pun, jam 2 pagi, tapi itu penting. Harus berangkat atau apa," ucap Arumi di kanal Youtube Ussy Andhika Official, Kamis, 1 Juli 2021.

Ia menyebutkan contoh lain, jika terjadi bencana seperti banjir atau gempa bumi, jam berapa pun sang suami terjun ke lapangan. Oleh karena itu, Arumi beradaptasi dengan kondisi tersebut dan banyak mengambil peran sebagai pemimpin di rumahnya.

"Jadi mau gak mau aku dibikin seperti bos di rumah. Karena gak bisa terlalu banyak depend (bergantung) sama mas Emil," tutur perempuan 27 tahun ini.

Di masa awal mendampingi suami menjadi kepala daerah, Arumi mengaku mengalami gegar budaya atau culture shock dari kehidupan di kota besar ke desa. Waktu berjalan terasa lama dan minim tempat hiburan seperti mal dan bioskop. "Di sana tuh sibuk, tapi tingkat kesibukannya gak kayak kita yang pulang pagi. Trus gak ada mal, gak ada apa-apa. Pas zaman mas Emil, alhamdulilah ada bioskop," katanya.

Seiring berjalannya waktu, ia mulai merasa nyaman karena secara tak langsung ikut terjun ke dunia politik lewat amanahnya sebagai ketua PKK. "Aku mulai merasa nyaman, mulai adaptasi saat aku memutuskan terjun langsung. Ah, udah tanggung nemenin mas Emil di sini, ngabisin waktu di sini, dapat amanah PKK. Sebenarnya bagaimana menjalankan PKK itu sendiri pilihan ada di kita. Mau seremonial aja atau aku pengen terjun," ucap ibu dua anak ini.

Baca juga: Suami Tetap Bekerja saat Lebaran, Arumi Bachsin: Sudah pada Taraf Terbiasa

Sejak terjun langsung ke lapangan, Arumi mengisahkan seperti alami panggilan hati untuk sepenuhnya berkontribusi ke masyarakat. 

"Ketemu sama masyarakat, ya ampun tuh biasanya aku melihat cerita-cerita kayak gini dalam naskah sinetron. Kayak ada loh orang yang besok bingung makan apa. Di situlah aku baru ketemu, dari situ ngeliat fakta dan kenyataan itu baru kayaknya ketularan yang disebut dengan panggilan-panggilan tadi mas Emil," jelas perempuan yang terjun ke dunia hiburan sejak usia 6 tahu ini.

Sebagai informasi, Arumi Bachsin menikah dengan Emil Dardak pada 30 Agustus 2013. Mereka telah dikaruniai dua anak, Lakeisha Ariestia Dardak (7 tahun) dan Alkeinan Mahsyir Putro Dardak (5 tahun).