Ragam Carrier Oil yang Bisa Dipilih Saat Menggunakan Essential Oil

ilustrasi aromaterapi (pixabay.com)

ragam

Ragam Carrier Oil yang Bisa Dipilih Saat Menggunakan Essential Oil

Selasa, 27 April 2021 06:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda sering menggunakan essential oil, Anda mungkin telah terbiasa dengan istilah carrier oil atau minyak pembawa. Salah satu yang sering digunakan dalam fungsi ini adalah minyak zaitun atau minyak kelapa. Namun tetap saja, buat yang baru mau menggunakan minyak esensial, istilah carrier oil tampak asing.

“Minyak pembawa pada dasarnya adalah minyak nabati yang diperas dingin atau diperas dari kacang-kacangan dan biji-bijian atau, dalam beberapa kasus — seperti minyak zaitun dan seabuckthorn — mereka diperas dari seluruh buah,” kata Amy Galper, pendiri New Institut Aromaterapi York, dikutip dari Well and Good. "Ekstraknya mengandung lemak, atau minyak, komponen dari bahan tumbuhan, dan kaya akan asam lemak esensial, vitamin, dan komponen penyembuhan kulit lainnya."

Alasan minyak pembawa penting dalam aromaterapi dan saat membuat perawatan kulit adalah karena memberikan penyangga di antara kulit. Banyak minyak esensial dapat menyebabkan reaksi yang tidak diinginkan dan tidak nyaman pada kulit, kata dokter kulit Nava Greenfield, MD, dari Schweiger Dermatology Group di New York City, masih dikutip dari Well and Good.

"Minyak pembawa dapat digunakan untuk membuat pemisahan fisik sehingga minyak esensial memiliki sedikit kontak langsung dengan keratinosit, atau sel kulit, sehingga mengurangi reaksi merugikan," katanya. Namun, tambahnya, jika Anda pernah mengalami kemerahan, bersisik, ketidaknyamanan atau ruam saat menggunakan jenis minyak apa pun, pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional medis sebelum melanjutkan penggunaan lebih banyak.

Berikut 10 carrier oil atau minyak pembawa yang bisa membuat perawatan topikal bebas iritasi.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki reputasi kesehatan karena mampu melakukan semuanya, tetapi itu tidak berarti Anda dapat menggunakannya untuk segala hal (gagal sebagai pelumas pribadi, misalnya). Meskipun demikian, minyak kelapa adalah carrier oil yang sangat baik.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun yang sangat melembapkan adalah perawatan kulit favorit bagi banyak orang, tetapi jika kulit Anda cenderung berjerawat, Anda mungkin ingin melewatkannya, karena dapat memiliki kecenderungan menyumbat pori. 

Baca juga: Cara Menggunakan Minyak Zaitun Sesuai Jenis Kulit

3. Minyak almond

Minyak almond bisa efektif untuk menjinakkan rambut kusut yang tidak diinginkan, tetapi aplikasi minyak ini tidak hanya untuk rambut. Minyak ini juga berfungsi sebagai minyak pembawa.

4. Minyak argan

Minyak argan berasal dari biji buah yang tumbuh di pohon argan, yang merupakan tanaman asli Maroko, dan harus dimiliki untuk semua masalah perawatan kulit. Pertimbangkan opsi anti-inflamasi ini sebagai minyak pembawa, terutama jika Anda menggunakannya pada wajah.

5. Minyak jojoba

Minyak jojoba cenderung menjadi favorit untuk pijatan sensual, yang menjadikannya pendamping yang baik jika Anda membalurkan minyak esensial yang menenangkan ke kulit.

6. Minyak rosehip

Terlepas dari nama botani, minyak Rosehip tidak dibuat dari bunga mawar yang mekar. Sebaliknya, saat kelopak bunga berjatuhan dan biji kuntum mawar tertinggal, ia diperas dan diubah menjadi minyak pembawa yang kaya vitamin A. 

7. Minyak alpukat

Jika Anda sudah suka mengoleskan alpukat pada semua hal, mengapa tidak mencobanya juga pada kulit Anda? Campurkan semua asam lemak yang meremajakan kulit dengan minyak esensial favorit Anda, dan bersiaplah untuk melihat kilau yang indah.

Baca juga: Kolesterol tinggi? Saatnya Makan Alpukat Setiap Hari

8. Minyak biji anggur

Minyak biji anggur mengandung antioksidan, menjadikannya bahan dasar yang bagus untuk masker wajah restoratif yang mengandung minyak esensial. Berikan tetesan minyak ini dengan lavender, cendana, atau kemenyan saat Anda ingin merasa segar kembali.

9. Minyak aprikot

Minyak aprikot adalah campuran pelembab yang kurang terkenal yang mampu menghaluskan garis-garis halus.

10. Minyak biji bunga matahari

Minyak biji bunga matahari adalah campuran bunga lain yang sama sehatnya untuk rambut Anda dan juga untuk kulit Anda. Gunakan dengan minyak esensial Anda, dan bersiaplah untuk menyerap semua manfaatnya, seperti vitamin E.

Itu tadi 10 minyak pembawa yang bisa Anda pilih untuk dicampurkan dengan essential oil pilihan. Perhatikan pula setiap penggunaan agar tidak memberikan efek samping yang justru membuat kulit iritasi. Jika Anda mengalami iritasi jenis apa pun, segera hentikan penggunaan dan temui dokter jika terus berlanjut.

Baca juga: Aroma Lavender Bisa Membuat Tidur Lebih Lelap dan Redakan Cemas

WELL AND GOOD