Cara Menggunakan Minyak Zaitun Sesuai Jenis Kulit

Reporter: Tempo.co
Editor: Yunia Pratiwi
Selasa, 25 Juni 2019 08:38 WIB
Cara Menggunakan Minyak Zaitun Sesuai Jenis Kulit

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak zaitun dipercaya sejak bertahun-tahun silam untuk merawat kulit supaya tetap lembap, sehat dan bercahaya. Namun yang paling penting, Anda harus tahu betul cara menggunakan minyak zaitun untuk tipe wajah Anda.

Baca juga: Rahasia Perawatan Kulit Olga Lidya, Minyak Zaitun dan Pelembab

Sejak 5000 tahun silam, minyak zaitun disebut-sebut telah digunakan oleh wanita-wanita Mesir. Awalnya, digunakan untuk menggantikan minyak penggorengan yang kurang sehat. Namun, tingginya kandungan nutrisi minyak zaitun membuatnya digunakan untuk perawatan kulit. Bahkan, konon Cleopatra juga menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kulitnya.

Minyak zaitun menjadi primadona bukan tanpa alasan. Struktur kimianya sangat menyerupai produksi minyak alami di kulit manusia. Tak hanya itu, minyak kaya nutrisi ini juga bisa mengatasi masalah kulit seperti komedo dan manfaat lainnya berikut ini. 

#1. Menangkal radikal bebas
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak zaitun seperti oleic acid dan squalene membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Seperti yang kita tahu, radikal bebas adalah teman baik penuaan.

#2. Melembapkan kulit
Kandungan fatty acids dalam minyak zaitun bisa bekerja sebagai pelembap alami tubuh. Hasilnya, kulit yang elastis, lembut, dan bersinar.

#3. Menyamarkan bekas luka atau jerawat
Kesal dengan bekas luka atau jerawat di wajah? Memijat wajah dengan minyak zaitun bisa membantu menyamarkannya.

#4. Meremajakan sel kulit
Tidak seperti produk perawatan kulit yang sarat akan kandungan kimia, minyak zaitun dapat memperbaiki sel kulit secara alami. Semua ini berkat kandungan vitamin E, flavonoids, dan polyphenols di dalamnya.

Meski manfaatnya begitu banyak, bukan berarti setiap orang bisa mengaplikasikan minyak zaitun dengan cara yang sama pada wajah mereka.  Sebab itu, cara pemakaiannya juga berbda sesuai jenis kulitnya. Simak caranya berikut ini.

#1. Kulit wajah berminyak
Minyak zaitun bisa membantu mengontrol kadar minyak hingga jerawat di wajah. Cara menggunakannya, cuci bersih wajah dan keringkan dengan handuk lembut. Kemudian, aplikasikan minyak zaitun ke wajah dan pijat dengan gerakan memutar. Lakukan perlahan dengan ujung jari. Setelah memijat selama 2-3 menit, tidurlah tanpa membilas minyak zaitun. Membilas baru dilakukan pagi hari, sebaiknya dengan air hangat.

#2. Kulit wajah kering
Bagi mereka dengan kulit wajah kering, menggunakan minyak zaitun untuk wajah harus lebih hati-hati. Disarankan menggunakan satu atau dua tetes minyak zaitun agar lebih mudah terserap. Bahkan, dermatologis dari Yale University, Mona Gohara MD, menyarankan untuk hanya mengaplikasikan minyak zaitun dengan mencampurkannya dengan pelembap yang biasa Anda gunakan. Jika memang harus diaplikasikan ke wajah, hanya oleskan di area yang benar-benar kering.

#3. Kulit wajah berjerawat
Meskipun minyak zaitun punya sejuta manfaat, namun tekstur minyak zaitun yang sangat kental bisa menjadi lahan tumbuhnya jerawat. Jika ingin mencoba, aplikasikan minyak zaitun ke wajah dan pijat selama beberapa menit. Kemudian, letakkan handuk yang sudah direndam air hangat ke wajah selama beberapa menit pula. Lakukan hingga minyak zaitun benar-benar terangkat. Ingat, penting untuk memastikan minyak zaitun benar-benar bersih agar tidak menyumbat pori-pori wajah Anda.

#4. Kulit wajah orang tua
Bagi kulit wajah orang tua, minyak zaitun dapat membantu menangkal radikal bebas. Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah yang paling efektif adalah dengan mengoleskannya sebelum tidur. Diamkan selama semalam dan bilas keesokan paginya. Selain itu, memadukan minyak zaitun dengan perasan lemon kemudian memijatkannya ke wajah juga bisa membantu menyamarkan keriput.

Dari setiap cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah di atas, yang terpenting adalah mengetahui bagaimana reaksi kulit Anda. Jika ada indikasi alergi, segera hentikan dan cari alternatif lain. Namun jika respons kulit cukup baik, maka konsistensi jadi kunci untuk mendapatkan hasil terbaik. 

SEHATQ