Aroma Lavender Bisa Membuat Tidur Lebih Lelap dan Redakan Cemas

aroma lavender (Pixabay.com)

kesehatan

Aroma Lavender Bisa Membuat Tidur Lebih Lelap dan Redakan Cemas

Senin, 16 Maret 2020 21:20 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aromaterapi salah satu cara yang dipilih untuk menciptakan mood positif hingga menenangkan diri. Salah satu contohnya wangi lavender diyakini bisa meningkatkan ketenangan. Tak hanya itu, aromaterapi lavender juga bisa membantu mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan mungkin rasa sakit ringan. Sebuah studi menyebutkan bahwa menghirup aroma lavender ditambah mawar dapat mengurangi keparahan kram menstruasi.

Melansir laman Healthline, lavender direkomendasikan untuk orang yang menderita insomnia atau gangguan tidur lainnya. Orang-orang mengisi bantal mereka dengan bunga lavender untuk membantu mereka tertidur dan mendapatkan istirahat malam yang lebih baik. 

Saat ini aroma lavender tak hanya dapat Anda temukan dalam minyak aromaterapi, tetapi juga dalam parfum. Wangi lavender juga tidak selalu diracik secara autentik, namun juga dicampur dengan kandungan lain dalam parfum.

Salah satunya dicampur dengan ekstrak daun ketumbar dengan english lavender sebagai heart notes ternyata bisa menjadi perpaduan menyegarkan dan unik. Perpaduan dua bahan tersebut dihadirkan pada satu dari tiga varian terbaru British collection Jo Malone London yang bertajuk Lavenderland.

Educator Jo Malone Indonesia Prisiella Yessy mengatakan jika wangi daun ketumbar sebagai top notes yang dicampur dengan english lavender sebagai heart notes ternyata bisa menjadi perpaduan menyegarkan. "Aroma lavender yang menenangkan dan bikin rileks dipadu dengan daun ketumbar menghasilkan wewangian yang menyegarkan," tutur Yessy saat ditemui di Jakarta, Rabu 12 Maret 2020.

British collection merupakan edisi terbatas yang hadir setahun sekali. Selain aroma daun ketumbar bercampur english lavender (Lavender mix Coriander), Jo Malone meluncurkan Wisteria mix Lavender serta Silver Birch mix Lavender.

Yessy menjelaskan jika wangi Wisteria & Lavender merupakan campuran kedua bunga dengan white musk yang membuat wanginya lebih tahan lama. Sementara Silver Birch & Lavender memiliki aroma kayu-kayuan, heart notes-nya lebih maskulin. Ketiga parfum artisan tersebut termasuk kategori fougère, yaitu kombinasi aroma asam, kayu, dan lavender sebagai heart notes-nya.

EKA WAHYU PRAMITA