5 Cara Merawat Rambut dengan Minyak Kelapa

Hindari produk perawatan rambut yang berbahan keras agar rambut tidak rusak. (Pexels/Chermiti Mohamed)

kecantikan

5 Cara Merawat Rambut dengan Minyak Kelapa

Kamis, 22 April 2021 23:33 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak kelapa sering dikatakan sebagai minyak terbaik yang bisa dipakai sebagai cara merawat rambut Anda. Minyak ini bisa mengurangi potensi kehilangan protein dan membuatnya tetap terlihat sehat. Selain itu, minyak kelapa juga dipercaya bisa membuat rambut Anda lebih mudah diatur.

"Ketika dioleskan secara teratur (dua hingga tiga kali seminggu jika jenis rambut Anda normal hingga kasar; lebih jarang jika Anda memiliki rambut halus), minyak kelapa dapat meningkatkan pelumasan rambut, membuatnya lebih mudah untuk disisir dan diatur, sekaligus meningkatkan kilau dan mencegah rambut kusut, "jelas ahli kimia senior GH Beauty Lab, Sabina Wizemann, dikutip dari Good House Keeping.

Ini sangat berguna pada rambut rusak karena membantu melindungi batang rambut agar tidak tergenang air, yang "pada akhirnya dapat meningkatkan pengangkatan dan kerusakan kutikula lebih lanjut," katanya.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi telah meneliti efek mengoleskan kelapa, bunga matahari atau minyak mineral ke rambut sebelum atau sesudah mencuci. Studi ini ditujukan untuk melihat minyak mana yang terbaik untuk melindungi kesehatan rambut, dengan cara mengukur jumlah protein yang hilang pada rambut setelah masing-masing perawatan ini.

Mereka menemukan bahwa minyak kelapa lebih baik dalam mencegah kehilangan protein daripada minyak mineral dan minyak bunga matahari ketika dioleskan sebelum atau setelah rambut dicuci. Faktanya, minyak kelapa menjadi yang teratas dalam semua penelitian mereka dan mengurangi kehilangan protein pada rambut yang tidak rusak, diputihkan, dirawat secara kimiawi dan terpapar sinar UV.

Minyak kelapa sebagian besar terdiri dari asam lemak rantai menengah yang disebut asam laurat. Ini memberi minyak kelapa struktur panjang dan lurus, yang lebih mudah diserap jauh ke dalam batang rambut.

Cara merawat rambut dengan menggunakan minyak kelapa

Berikut beberapa cara merawat rambut dengan menggunakan minyak kelapa untuk meningkatkan kesehatannya.

1. Sebagai kondisioner

Keramas rambut Anda seperti biasa dan kemudian sisir minyak kelapa ke rambut Anda, dari bagian tengah hingga ujung.

2. Sebagai penghilang kusut pasca-keramas

Setelah keramas dan kondisioner rambut Anda, gosokkan sedikit minyak kelapa ke rambut untuk melindunginya saat Anda menyikatnya. Cara ini bisa membantu Anda untuk menghindari rambut kusut.

3. Sebagai masker rambut

Gosokkan minyak kelapa ke rambut Anda dan biarkan selama beberapa jam (atau bahkan semalaman) sebelum mencucinya.

4. Sebagai pelindung rambut pra-cuci

Gosokkan minyak kelapa ke rambut Anda sebelum Anda mencucinya.

5. Sebagai perawatan kulit kepala

Sebelum tidur, pijatkan sedikit minyak kelapa ke kulit kepala Anda. Biarkan semalaman dan bersihkan dengan sampo di pagi hari.

Teknik-teknik ini dapat digunakan secara teratur atau sesekali (tergantung jenis rambut Anda) untuk menghasilkan rambut yang indah, sehat, dan berkilau.

Jumlah minyak kelapa yang Anda butuhkan juga bergantung pada panjang dan jenis rambut Anda. Kebanyakan orang menggunakan secukupnya untuk menutupi bagian tengah hingga ujung rambut agar rambut tidak berminyak. Pendekatan terbaik adalah mulai dengan jumlah terkecil.

Ada juga berbagai jenis minyak kelapa untuk dipilih sebagai bahan dan cara merawat rambut. Beberapa orang lebih suka memilih minyak kelapa murni (tidak dimurnikan) karena dapat dikonsumsi sebagai makanan. 

Baca juga: 7 Cara Merawat Rambut Saat Tak Bisa ke Salon di Masa Pandemi

GOOD HOUSE KEEPING | HEALTHLINE