Kaya Kandungan Air, 5 Buah Ini Bantu Perkuat Daya Tahan Tubuh di Cuaca Panas

Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

kesehatan

Kaya Kandungan Air, 5 Buah Ini Bantu Perkuat Daya Tahan Tubuh di Cuaca Panas

Rabu, 21 April 2021 10:50 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap buah bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satunya berkat kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Dalam kondisi cuaca panas seperti belakangan ini, ada sederet buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh pakar. Kekurangan cairan di cuaca panas bisa berdampak buruk pada daya tahan tubuh atau imunitas.

Oleh karena itu, ahli gizi dan ahli diet, Vidhi Chawla, menyarankan untuk menyantap buah yang kaya air. Selain semangka, ia menyebutkan beri, timun, hingga labu botol. Apa saja kandungannya yang berkhasiat membantu daya tahan tubuh di teriknya matahari? Yuk, kita simak

1. Timun

Selain kaya antioksidan, timun mengandung hampir 95 persen air. Jadi, makan timun di cuaca panas dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Anda bisa memakannya sebagai salad ataupun infused water. Tergantung selera.

2. Semangka

Tidak ada yang bisa mengalahkan semangka di hari musim panas karena manis, lezat, dan menyegarkan. Semangka adalah salah satu buah yang menghidrasi tubuh karena mengandung 92 persen air. Semangka juga kaya akan vitamin A dan C, serta likopen, yang keduanya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Ilustrasi stroberi. Pixabay.com/Congerdesign

3. Kelompok beri

Segenggam stroberi mengandung 95 persen air dan paling baik untuk cuaca panas. Stroberi, blueberi, raspberi, dan blackberi kaya akan vitamin C, antioksidan, dan antosianin, serta tinggi serat. Buah beri bermanfaat untuk mata, kulit, dan kuku, serta membantu mengurangi peradangan dan penyakit kronis. Salah satu minuman terbaik untuk memulihkan energi setelah berolahraga adalah air infus stroberi.

4. Labu botol

Labu botol atau labu air kerap dimasak menjadi hidangan sayur, biasanya kari, karena kaya akan nutrisi dan air. Selain kaya kandungan air, labu botol juga tinggi kalsium sehingga baik untuk tulang. 

5. Tomat

Saat musim panas berlangsung dan hari-hari menjadi lebih hangat, tomat adalah sumber hidrasi yang sangat baik, terutama bila dimakan mentah karena mengandung 95 persen air. Tomat juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C dan K, kalium, serta kalsium. Tomat dapat dimakan mentah dalam salad atau bisa juga jus. Anda juga bisa mengolahnya sebagai saus tomat untuk spageti.

Baca juga: Kaya Vitamin C, 6 Buah Ini Dapat Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi

PINK VILLA