Pangeran Philip bagi Putri Anne: Ayah adalah Guru, Pendukung, dan Kritikus

Putri Anne dan Pangeran Philip. Instagram/@anneprincesroyal

keluarga

Pangeran Philip bagi Putri Anne: Ayah adalah Guru, Pendukung, dan Kritikus

Senin, 12 April 2021 13:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Wafatnya Pangeran Philip menjadi duka mendalam bagi keluarga Kerajaan Inggris, termasuk putri Anne. Anak perempuan satu-satunya dari Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth ini mengungkapkan isi hatinya melalui pernyataan resmi di Instagram, Ahad, 11 April 2021. 

"Kamu tahu hal itu (meninggal) akan terjadi tetapi kamu tidak pernah benar-benar siap," Anne mengawali pernyataannya. "Ayah saya telah menjadi guru saya, pendukung saya, dan kritikus bagi saya, tetapi sebagian besar teladannya tentang kehidupan yang dijalani dengan baik dan melayani yang paling ingin saya tiru," jelasnya.

Putri Anne mengungkapkan suatu kehormatan dan hak istimewa baginya bisa ikut serta dalam organisasi yang dipimpin oleh ayahnya. Menurutnya, Pangeran Philip memberikan kesempatan kepada setiap individu dengan keterampilan masing-masing. Oleh karena itu, sosoknya sangat berarti tak hanya untuk dirinya, tapi juga masyarakat luas. 

"Saya tahu betapa dia sangat berarti bagi mereka, di Inggris, di seluruh Persemakmuran dan di dunia yang lebih luas," imbuhnya.

Putri Anne juga mengucapkan terima kasih kepada para pendukung atas cinta mereka di tengah waktu yang memilukan bagi keluarganya. "Saya ingin menekankan betapa keluarga sangat menghargai pesan dan kenangan dari begitu banyak orang yang hidupnya juga dia sentuh," tulisnya. "Kami akan merindukannya, tapi dia meninggalkan warisan yang bisa menginspirasi kita semua."

Baca juga: Mengenang Pangeran Philip, Ini Kata David dan Victoria Beckham

Selain mengunggah pernyataan resmi di Instagram, Putri Anne juga membagikan sejumlah foto kenangan bersama Pangeran Philip. Di slide foto kedua, Putri Anne dan Pangeran Philip kompak memakai foto dan berpose tersenyum. Di slide selanjutnya, Putri Anne mengunggah foto hitam putih sang ayah saat di luar ruangan. Di slide foto terakhir, ia membagikan foto hitam putih yang memperlihatkan kebersamaan dengan kakaknya, Pangeran Charles, dan kedua orang tua mereka. 

Pangeran Philip meninggal di usia 99 tahun pada Jumat, 9 April 2021."Dengan kesedihan yang mendalam, Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," bunyi pernyataan dari Istana saat itu. "Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor."

Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II menikah pada 20 November 1947 di Westminster Abbey. Pernikahan mereka merupakan pernikahan kerajaan terlama dalam sejarah, setelah merayakan ulang tahun pernikahan ke-73 pada November 2020 silam.

PEOPLE