Zaskia Gotik Cerita Produksi ASI di Bulan Ketiga, Seret dan Encer

(Paling kanan) Zaskia Gotik bersama suami, Sirajuddin Mahmud Sabang, dan anak pertama mereka, Arsila Bungalia Sirkiani. Instagram/@novumaeris

kesehatan

Zaskia Gotik Cerita Produksi ASI di Bulan Ketiga, Seret dan Encer

Minggu, 14 Februari 2021 10:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi dangdut Zaskia Gotik menceritakan perjuangan Air Susu Ibu atau ASI di bulan ketiga ASI Ekslusif. Dalam unggahan Instagram Stories-nya, istri Sirajuddin Mahmud Sabang itu mengungkap produksi ASI-nya berkurang dari biasanya.

"Kasih tau dong biar ASI ini lancar dan banyak mesti ngapain dan minum apa si," ucap Zaskia mengawali ceritanya di Instagram Stories, Sabtu, 13 Februari 2021. Menurut pedangdut berusia 30 tahun itu, ia sudah melakukan sejumlah cara yang kerap disarankan orang banyak saat produksi ASI berkurang. Mulai dari makan daun katuk, sayuran, ikan, dan ayam setiap hari serta sejumlah mood booster ASI lainnya.

"Terus aku minum ASI booster juga, minum susu, kacang-kacangan, minum kelapa ijo tapi tetap ajah ASI-nya gak keras lambat banget ini produk ASI-nya," tuturnya.

Lalu ia membandingkan dengan masa awal produksi ASI yang berjalan lancar. "Awal-awal di satu bulan pertama mau ke dua bulan itu bagus, ASI nya kenceng trus pas pas masuk ke-3 bulan ASI-nya malah surut," ungkapnya.

Zaskia juga mengungkapkan bahwa di awal payudara kirinya lebih dominan memproduksi ASI. Tapi kini, berkurang produksinya dan ukuran payudara kiri lebih besar daripada yang kanan.

Lewat unggahan Instagram Stories, Sabtu, 13 Februari 2021, Zaskia Gotik bercerita produksi ASI-nya yang berkurang di bulan ketiga ASI Eksklusif. Foto: Tangkapan layar Instagram/@zaskia_gotix

"Sebelah kiri lemah jadi gede sebelah gitu, sekarang dua-duanya ngisinya lama banget gak kenceng-kenceng. Trus aku harus gimana," kisahnya. Ia menutup curhatnya dengan meminta saran warganet agar tetap bisa memberikan ASI Eksklusif kepada putrinya, Arsila Bungalia Sirkiani atau Arsila.

Sejak melahirkan Arsila pada 7 November 2020, Zaskia Gotik memilih rehat dari industri hiburan dan fokus menjadi ibu untuk memberikan ASI Eksklusif.

"Masih dong, tenang sayang. Aku pasti akan shooting lagi, kalau sekarang fokus ASI  eksklusif dulu," tulisnya saat menjawab pertanyaan warganet di Instagram Stories, 22 Januari 2021.

Mengutip laman Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia, ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja selama enam bulan pertama tanpa minuman atau makanan tambahan lain. Setelah 6 bulan, pemberian ASI dengan makanan pendamping ASI, lalu ASI dilanjutkan sampai dengan dua tahun atau lebih.

Kembali ke Zaskia, di Instagram Stories-nya Ahad pagi, 14 Februari 2021, ia menunjukkan sedang minum ASI booster buatannya. Minuman itu terbuat dari susu segar, kurma, madu, dan sedikit batu es biar seger, katanya.

"Never give up for you my cantiku Arsila," tulisnya disertai video sang putri tengah bermain dengan ayahnya.

Lantas apa saja penyebab produksi ASI tersumbat seperti yang sedang dialami Zaskia Gotik?

Ada banyak alasan di balik minimnya produksi ASI, termasuk ketidakseimbangan hormon dan pengobatan tertentu. Jika ingin mengatasi masalah ini, penting juga untuk menelusuri penyebabnya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pasokan ASI hanya sedikit dan apa yang dapat Anda lakukan, seperti dilansir Times of India, Senin, 23 November 2020. 

1. Jaringan kelenjar tidak mencukupi

Masalah ini umumnya terjadi pada ibu yang baru pertama kali melahirkan. Pada kondisi ini, saluran ASI tidak terbentuk dengan baik sehingga menghambat suplainya.

Kebanyakan masalah ini teratasi selama kehamilan kedua dan ketiga. Untuk merangsang saluran ASI, disarankan Anda membiarkan bayi menyusu langsung. Ingat, semakin banyak mengisap berarti lebih banyak ASI yang diproduksi. Sebab, payudara membutuhkan isapan yang tepat untuk menghasilkan ASI yang cukup.

2. Masalah hormonal

ASI diproduksi ketika hormon memberi sinyal ke payudara. Jadi, masalah hormon bisa menghambat suplai ASI. Kondisi seperti PCOS, diabetes, dan tiroid rendah dapat meningkatkan peluang untuk menghasilkan ASI sedikit. Jika Anda menderita salah satu dari kondisi di atas, temui ahli laktasi.

3. Operasi payudara 

Operasi payudara dapat menyebabkan pembentukan fibroid yang berdampak pada saluran ASI. Berapa banyak susu yang diproduksi tergantung pada kerumitan pembedahan. Bahkan tindik puting dapat berdampak negatif pada produksi ASI.

4. Kontrasepsi oral

Sebagian besar kontrasepsi oral atau pil KB dapat mempengaruhi hormon. Perubahan ini bisa berdampak pada produksi ASI. Namun, kondisi ini tidak terjadi pada setiap wanita menyusui

5. Pengobatan selama persalinan

Terkadang, wanita selama persalinan diberi obat yang dapat memengaruhi produksi ASI. Obat-obatan ini diberikan untuk menginduksi persalinan. Tapi untungnya, obat-obatan ini hanya menghambat suplai ASI untuk sementara. Begitu efek obatnya hilang, suplai ASI menjadi normal kembali.

Semoga Zaskia Gotik segera mengetahui penyebab produksi ASI-nya berkurang. Kami doakan segera kembali lancar produksi ASI seperti di masa awal menyusui Arsila. Semangat dan jangan stres ya, Ibunya Arsila.

Baca juga:

Intip Kebersamaan Zaskia Gotik dengan Penjual Rambutan, Sempat Dikira Syahrini

SILVY RIANA PUTRI | MILA NOVITA