Banyak Ibu Sedih dengan Tubuh Pasca Lahiran, Asmirandah: Yuk Bersyukur

Asmirandah bersama anak pertamanya dengan Jonas Rivanno, Chloe Emmanuelle Van Wattimena. Instagram/@asmirandah89

kesehatan

Banyak Ibu Sedih dengan Tubuh Pasca Lahiran, Asmirandah: Yuk Bersyukur

Senin, 15 Maret 2021 20:46 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, JAKARTA - Aktris Asmirandah membagikan mengatakan kerap menerima pesan langsung dari para pengikutnya soal kerasahan kenaikan berat badan. Netizen ternyata mengadu kepada Asmirandah bahwa mereka merasa tidak nyaman dengan postur tubuhnya setelah melahirkan. "Kadang sedih baca DM yang masuk banyak ibu yang insecure sama diri sendiri karena perubahan bentuk tubuhnya setelah melahirkan," kata Asmirandah dalam Instagram Story pada 15 Maret 2021.

Baca: Asmirandah Cerita Ingat Cara Menggunakan Test Pack dari Syuting Sinetron

Netizen pun berkeluh kesah bahwa mereka sudah berusaha untuk menurunkan berat badan atau mencoba terus menghilangkan luka operasi pasca melahirkan. "Ada juga yang sedih karena stretchmark banyak di tubuh.. Bahkan ada yang dibully karena menggemuk," kata Asmirandah yang sedih mendengar aduan para pengikutnya itu.

Ia pun berusaha menyemangati semua perempuan yang baru melahirkan. Menurutnya, para ibu yang baru melahirkan dan mengalami penambahan berat badan serta berbagai perubahan bentuk tubuh itu seharusnya lebih dihormati karena sudah memberikan kehidupan serta nutrisi untuk bayi mereka. Ia pun mengaku sering mendapatkan komentar pedas soal penambahan berat badan yang ia alami. Sebelumnya, pasangan Asmirandah dan Jonas Rivanno baru dianugerahkan seorang anak yang bernama Chloe pada pertengahan Januari 2021.

Asmirandah pun mengakui cukup sulit untuk mengedukasi masyarakat untuk memiliki pandangan positif pada orang lain dan menjadikan ibu hamil dan ibu pasca melahirkan serta ibu menyusui sebuah kondisi yang normal. Namun ia mengajak para ibu dengan kondisi tubuh yang berbeda itu untuk terus bersyukur. "Kita sendiri yang harus bersyukur bukan dengerin kata orang yang akhirnya bikin kita jadi insecure," katanya.

Ia pun menilai sebaiknya para ibu tidak memikirkan soal diet dulu karena bayi masih dalam tahap membutuhkan nutrisi tinggi dan perhatian para wanita hebat itu. Asmirandah menambahkan, penurunan berat badan bisa dilakukan secara perlahan dengan mengatur gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan dan olahraga ringan. "Mengatur pola makan dan apa yang dimakan (makanan yang berprotein, bernutrisi, banyakin buah dan sayur no junkfood, soda, dan manis) olahraga ringan kan juga boleh," katanya.

Asmirandah pun mengingatkan agar para ibu ini tidak memaksakan diri untuk bisa kurus saat ini. Selain itu, para ibu juga diminta tidak iri ketika melihat sebagian orang yang badannya sudah mengecil pasca melahirkan. "Gen orang kan beda-beda. Kalau kita lihat, banyak banget kok yang hamil pun tetap langsing," katanya mengingatkan berstatus menjadi ibu adalah sebuah anugerah besar dalam hidup.

Nikmati setiap fase dan proses yang ada, setiap orang itu cantik dengan bentuk tubuh apapun. Jangan pernah insecure  karena membuat rasa bahagia serta syukur seseorang hilang. "Setiap perubahan dalam tubuh wanita itu tersirat cerita, kalau perubahan itu menghasilkan kebahagiaan, cukup bersyukur," kata Asmirandah menyemangati para perempuan.

NATHASYA ESTRELLA | MT