Zaskia Sungkar Cerita Pengalaman Jadi Ibu: Lagi di Fase Banyak Ketakutan

Zaskia Sungkar menggendong anak pertamanya, Ukkasya Muhammad Syahki. Instagram/@zaskiasungkar15

keluarga

Zaskia Sungkar Cerita Pengalaman Jadi Ibu: Lagi di Fase Banyak Ketakutan

Minggu, 11 April 2021 08:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jadi ibu baru merupakan tantangan tersendiri bagi wanita usai melahirkan. Terlebih lagi, jika di rumah tidak ada keluarga atau kerabat yang sudah berpengalaman mengurusi anak menemani atau berbagi pengalaman. Hal itulah yang kini tengah dirasakan aktris dan pengusaha Zaskia Sungkar. Dulunya ia cuek dan santai, kini lebih mudah panik dan takut jika melihat perubahan pada Ukkasya Muhammad Syahki atau Ukkasya.

"Gue lagi di fase di mana banyak ketakutan gitu lho," katanya di vlog Kia Curhat Jadi Ibu, Gigi Nangis di kanal YouTube The Sungkars Family, Kamis, 8 April 2021.

Ia mengungkapkan hal itu kepada Nagita Slavina atau Gigi yang tengah berkunjung ke rumahanya. Mendengar isi hati Zaskia, Gigi mengamini dan mengaku juga merasakan hal itu usai melahirkan Rafathar lima tahun lalu. "Pasti, pasti," ujar Gigi. 

Zaskia lalu menjelaskan bahwa sebelum jadi ibu, ia adalah pribadi cuek dan tidak mudah panik. Setelah ada Ukkasya, Zaskia jadi lebih banyak khawatir untuk memastikan kondisi putranya. "Dia gapapa kan kayak gini, ini gimana, ya. Gue harus gimana, ya," jelas istri Irwansyah itu.

Baca juga: Zaskia Sungkar Melahirkan, Dokter Bergetar Saat Dengar Irwansyah Lantunkan Azan

Gigi lalu menyarankan Zaskia untuk ditemani salah satu anggota keluarga di masa awal-awal menjadi ibu seperti dirinya dulu. "Waktu itu di rumah ada nyokap gue, kalau ada apa-apa, gue tanya. Makanya gue concern karena lo sendiri di rumah. (Dengan ada keluarga) Palingan lo bisa sharing atau temen ngobrol kalau lo punya ketakutan supaya lebih tone down (tenang)," tukas istri Raffi Ahmad itu.

"Iya sih, bener-bener,"kakak Shireen Sungkar itu menimpali. 

Gigi juga menyemangati Zaskia sebagai ibu baru harus selalu percaya diri bahwa ia adalah ibu terbaik untuk Ukkasya. Jangan pernah meragukan diri sendiri atau membanding-bandingkan apa yang dilakukannya dengan ibu lain. "Jadi seorang ibu pasti yang paling baik untuk anaknya. Jadi gak akan ada yang lebih baik dari ibunya sendiri," ujarnya.

Selain kerap takut atau panik, Zaskia mengaku ada saat-saat ia belum percaya sudah menjadi seorang ibu. "Gue udah sampai tahap ini (jadi ibu) ya, kayak masih sadar enggak sadar gitu. Beneran gak sih nih," tutur perempuan 30 tahun itu. 

Hal itu kerap membuat Zaskia terbangun dari tidurnya untuk mengecek keberadaan putranya.

"Sampai kalau ketiduran, gue pengen cepat-cepat bangun cuma pengen lihat anak gue doang. Kayak anak gue ada beneran, gue beneran jadi ibu," lanjutnya.

Setelah 10 tahun pernikahan, Zaskia Sungkar dan Irwansyah dikaruniai anak pertama mereka, Ukkasya, pada 31 Maret 2021. Pasangan ini menjalani program bayi tabung untuk memperoleh keturunan.

Baca juga: 10 Tahun Menikah dengan Irwansyag, Zaskia Sungkar: Makin Sayang dan Memahami