Kenali Tanda-tanda Kamu Overthinking dan 6 Cara Mengatasinya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita cemas. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita cemas. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Overthinking atau berpikir berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan mental. Salah satunya bisa menyebabkan tekanan emosional yang parah, tidak hanya menghalangi kamu dalam melakukan tugas sehari-hari, tetapi juga menghambat produktivitas dan kesejahteraan fisik.

Overthinking juga dapat mengganggu pola tidur, pola makan berantakan yang menyebabkan rasa cemas, hingga bisa membuat kamu lambat dan malas. Berpikir berlebihan bisa membuat kamu merasa enggan untuk memulai hal baru, ikut pertemuan sosial, dan bertemu seseorang yang baru.

Kamu mungkin memiliki pikiran negatif tentang suatu peristiwa yang belum terjadi, mengingat kembali trauma emosional masa lalu di dalam pikiran berulang kali. Tak hanya itu, kamu juga lebih sering bersikap pesimis tentang segala hal daripada optimis.

Jika hal-hal itu tengah kamu alami, segera atasi dengan enam cara berikut untuk memutus siklus overthinking dan mulai lebih fokus pada saat ini, seperti dilansir dari Pink Villa, Kamis, 25 Maret 2021.

1. Fokus untuk menyelesaikan tugas

Jangan terus berpikir berlebihan karena akan menunda kamu melakukan apa pun. Mulailah melakukan sesuatu satu per satu, itulah satu-satunya cara untuk menyelesaikannya dan itulah satu-satunya cara kamu termotivasi melakukan hal-hal selanjutnya.

2. Temukan kegiatan produktif

Perhatikan saat pikiran kamu beralih ke pikiran yang tak menentu, alangkah baiknya melakukan kegiatan yang berguna dan produktif. Contohnya, kamu bisa melakukan hobi atau menemukan pengalih pikiran seperti mendengarkan musik, memasak, menari, bernyanyi, menonton acara televisi, menulis, melukis, atau mengikuti kelas yoga online. Dengan cara itu, kamu akan membuat pikiran tetap aktif.

3. Luangkan waktu untuk introspeksi

Daripada berkutat dalam pikiran kamu sepanjang hari, agendakan waktu selama 30 menit setiap hari untuk refleksi diri. Di momen itu, kamu dapat memikirkan apa yang kamu rencanakan untuk dicapai selama beberapa hari ke depan.

4. Kenali dan atasi pikiran negatif

Saat kamu mulai berpikir negatif, kenali hal itu dan salurkan energi ke tempat lain. Terkadang, kamu harus memaksakan diri keluar dan menjadi cukup kuat untuk mengatasi hal-hal negatif dari pikiran kamu.

5. Fokus pada saat ini

Berhentilah membuang waktu untuk overthinking pada hal-hal yang belum terjadi. Yang harus kamu lakukan adalah fokus dan berusaha 100 persen pada saat ini dan lupakan hasilnya.

6. Sayangi diri sendiri

Jangan lupakan pentingnya mengatasi lelah atau penat dari rutinitas sebagai salah satu cara atasi overthinking. Berlatih meditasi dari waktu ke waktu dan belajarlah untuk lebih hadir serta selaras dengan tubuh kamu. Coba matikan gawai sementara dan berjalan-jalan, kelilingi diri kamu dengan alam, hirup udara segar, dan rileks.

Baca juga:

4 Tips Atasi Overthinking di Tengah Pandemi Corona

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."