5 Resep Masker Lidah Buaya DIY, Bisa Mencerahkan Kulit dan Mengurangi Jerawat

Lidah buaya bisa menjadi bahan untuk membuat masker DIY yang punya segudang manfaat untuk kulit wajah. (Foto: Pexels/Polina Kovaleva)

kecantikan

5 Resep Masker Lidah Buaya DIY, Bisa Mencerahkan Kulit dan Mengurangi Jerawat

Selasa, 16 Maret 2021 13:42 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaLidah buaya telah diketahui sejak lama punya banyak manfaat bagi kulit dan rambut. Ekstrak lidah buaya sangat mudah diserap kulit dan mengunci kelembaban.

Lidah buaya adalah tanaman dalam keluarga succulent. Tanaman ini tumbuh liar dan memiliki daun bergerigi tebal. Di Indonesia lidah buaya sudah jamak ditanam di rumah-rumah karena mudah untuk dikembangbiakkan. 

Gel bening di dalam daun lidah buaya digunakan secara topikal untuk menenangkan kulit yang terbakar atau teriritasi, dan beberapa orang menggunakannya untuk mengobati jerawat. Kualitas antibakteri lidah buaya membuatnya efektif untuk penggunaan topikal untuk mengobati jerawat.

Gel lidah buaya memiliki banyak kandungan bahan aktif, seperti vitamin, asam amino, mineral, dan antioksidan. Selain itu sejumlah penelitian juga memperlihatkan bahwa lidah buaya memiliki fungsi antijamur dan efek antivirus.

Lidah buaya bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin mencoba membuat masker sendiri di rumah. Sebuah tip yang perlu kamu perlu perhatikan, gunakan gel lidah buaya segar untuk hasil maksimal. 

Dikutip dari Mind Body Green, dokter Cynthia Bailey, seorang dermatologis dari California menyebut bahwa "Lidah buaya segar adalah yang terbaik, karena khasiat obatnya memburuk seiring waktu. Banyak gel dan jus lidah buaya komersial mengandung bahan lain seperti pengawet."

Jangan lupa untuk melakukan uji tempel sebelum mengoleskan campuran ke seluruh wajah. Dikutip dari Mind Body Green, Marisa Plescia peneliti di clean beauty e-tailer NakedPoppy menyebutkan lidah buaya dapat menyebabkan dermatitis kontak pada beberapa individu. Untuk itu Anda perlu memastikan tidak mengalami iritasi sebelum menggunakan masker wajah penuh.

Kamu yang punya tanaman lidah buaya di rumah, bisa mulai mencoba resep masker lidah buaya yang mudah dibuat. Caranya cukup mudah, kamu hanya memerlukan lidah buaya segar dan mengambil gelnya. Campurkan dengan tambahan lain yang bisa memaksimalkan fungsinya. 

Untuk menggunakan masker lidah buaya, kamu bisa mengoleskan masker ke wajah dan diamkan selama 5 hingga 10 menit. Perlu diingat untuk tidak mendiamkan masker ini lebih dari 20 menit karena bisa menghilangkan efek melembapkannya dan berpotensi menyebabkan iritasi jika didiamkan di kulit terlalu lama.

Berikut beberapa masker kombinasi lidah buaya DIY yang bisa Anda coba di rumah. 

1. Masker lidah buaya dan madu, untuk melembutkan kulit

Campurkan madu dan lidah buaya dengan perbandingan 1:2. Takaran madu harus lebih sedikit atau campuran ini akan terlalu lengket. 

Menambahkan madu ke dalam campuran lidah buaya dapat menenangkan kemerahan, mengurangi jaringan parut, dan melembabkan kulit. Jika tidak memiliki madu, Anda bisa menggunakan oatmeal. 

Baca juga: Menilik Manfaat Madu Manuka untuk Perawatan Kulit serta Cara Memakainya

2. Masker lidah buaya dan cuka sari apel, untuk pengelupasan lembut

Tambahkan cuka sari apel ke dalam gel lidah buaya untuk membantu mengelupas kulit dengan lembut. Jika tidak memiliki cuka sari apel, Anda bisa menggunakan bubuk gula atau kopi karena butirannya lembut dan tetap bisa menghilangkan kotoran yang menempel di kulit. 

3. Masker lidah buaya dan kunyit, untuk mencerahkan kulit

Campuran gel lidah buaya dan kunyit bisa mengatasi perubahan warna kulit. Kurkumin, bahan utama kunyit, memiliki banyak manfaat bagi kulit, mulai dari menetralkan radikal bebas hingga mengurangi hiperpigmentasi. Sementara lidah buaya mampu mengatasi bintik atau noda hitam.

Jika Anda tidak memiliki kunyit, gunakan lemon atau jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat membantu meratakan warna kulit.

Baca juga: 5 Resep Masker Wajah Berbahan Kunyit

4. Masker lidah buaya dan minyak kelapa, untuk pelembab

Untuk Anda yang memiliki kulit kering dan mengelupas, tambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalam mangkuk gel lidah buaya. Minyak kelapa adalah pelembab alami yang bagus untuk kulit, terutama bagi mereka yang menderita eksim.

Saat dipasangkan dengan lidah buaya, minyak kelapa atau minyak zaitun bisa punya manfaat untuk menghidrasi kulit. Namun, hati-hati jika Anda punya kulit yang mudah berjerawat. Minyak kelapa bisa menyebabkan jerawat.

5. Masker lidah buaya dan yogurt, untuk meratakan warna kulit

Campuran lidah buaya dan yogurt dapat memberi manfaat melembabkan dan mengurangi jerawat. Bukan hanya itu, manfaat lidah buaya dan yogurt juga bisa meratakan warna kulit Anda.

Baca juga: Lidah Buaya dan Segudang Manfaatnya untuk Kulit

MIND BODY GREEN | HEALTHLINE