Lidah Buaya dan Segudang Manfaatnya untuk Kulit

Gel lidah buaya (Pixabay.com)

kesehatan

Lidah Buaya dan Segudang Manfaatnya untuk Kulit

Jumat, 12 Februari 2021 19:55 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Bukan rahasia kalau lidah buaya punya segudang manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh khususnya kulit. Maka tak heran sejumlah produk personal care dan kecantikan banyak mengandung lidah buaya. Mulai dari body lotionfacial washmoisturizer, hingga produk perawatan rambut.

Gel dari tanaman hijau ini memiliki banyak kandungan bahan aktif, seperti vitamin, asam amino, mineral, dan antioksidan. Selain itu sejumlah penelitian juga memperlihatkan bahwa lidah buaya memiliki fungsi antijamur, antibakteri, dan efek antivirus.

Berikut sejumlah khasiat dari gel lidah buaya yang dirangkum oleh Oprah Magazine:

1. Melembabkan kulit kering

Ekstrak lidah buaya sangat mudah diserap kulit dan mengunci kelembaban. Bahan alami ini juga bersfiat non-comedogenic, artinya tidak meningkatkan kadar minyak pada kulit ataupun mengunci pori-pori. Ini membuat kamu yang memiliki kulit berminyak tak perlu takut untuk menggunakan bahan natural ini. 

2. Menyembuhkan luka kecil atau sayatan

Lidah buaya mengandung vitamin, antioksidan, mineral, dan peptides. Sejumlah bahan aktif ini mampu menyembuhkan luka ringan pada kulit. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada luka. 

3. Mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit

Kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan juga mampu mengurangi iritasi kulit. Ini yang menjadi alasan kandungan lidah buaya banyak digunakan dalam sejumlah perawatan kulit, termasuk eczema dan psoriasis. 

4. Mengurangi hiperpigmentasi 

Bahan aktif yang terdapat dalam gel lidah buaya dapat memblokade enzim tyrosinase yang menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. 

5. Bisa membantu menngurani jerawat

Salah satu bahan lain yang terkandung dalam gel lidah buaya adalah salicylic acid. Kegunaannya adalah untuk membantu proses pengelupasan kulit dan antibakteri. Gel natural ini juga bisa meredakan rasa sakit dari peradangan yang terjadi saat kulitmu berjerawat.

6. Menghalau penuaan dini, seperti garis halus dan kerutan 

Dengan teratur mengoleskan lidah buaya di wajah, kamu bisa mencegah munculnya garis halus dan kerutan. Gel dari tanaman ini mampu mempercepat regenerasi sel kulit. Meksi bisa menunda tanda-tanda penuaan, kerutan yang telah muncul tak dapat dihilangkan oleh lidah buaya.

7. Menghilangkan ketombe

Tak hanya bermanfaat untuk wajah, lidah buaya juga punya banyak manfaat untuk kulit kepala. Sejumlah permasalahan kepala dan rambut yang disebabkan oleh ketombe bisa diatasi oleh lidah buaya. Kemapuan lidah buaya untuk menghidrasi, melembutkan, dan kandungan antibakteri, bisa mengurangi rasa gatal dan melindungi luka di akibat garukan.

8. Membersihkan rambut

Kandungan lidah buaya dalam sampo bisa mengurangi kelebihan minyak pada rambut dan menyehatkan rambut hingga ke akar. Maka masker lidah buaya bisa jadi salah satu produk perawatan rambut yang bisa jadi favorit di kamar mandimu. 

Perlu diperhatikan lebih lanjut, dikutip dari Healthline, gel lidah buaya hanya aman untuk digunakan di permukaan kulit. Gel natural ini justru akan mengurangi kemampuan alami kulit untuk menyembuhkan diri jika digunakan untuk luka dalam akibat operasi.

Beberapa orang dengan kulit sensitif mungkin juga tidak cocok menggunakan gel dengan kandungan lidah buaya. Kulit yang sedang mengalami infeksi juga tidak disarankan menggunakan gel ini. Meski memiliki kandungan mikrobial, gel lidah buaya bisa saja malah mengganggu proses penyembuhan dan membuat infeksi makin parah.

Untuk bisa merasakan manfaat lidah buaya secara maksimal, kamu harus mengetahui kondisi kulitmu terlebih dulu, ya.

Baca juga: Khasiat Lidah Buaya Redakan Sariawan dan Organ Pencernaan