Menilik Manfaat Madu Manuka untuk Perawatan Kulit serta Cara Memakainya

Madu Manuka. shutterstock.com

kecantikan

Menilik Manfaat Madu Manuka untuk Perawatan Kulit serta Cara Memakainya

Minggu, 7 Februari 2021 16:36 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Madu manuka sudah dikenal secara tradisional bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Contohnya, sakit tenggorokan. Tak hanya itu, madu manuka yang kaya akan senyawa tanaman terapeutik juga sering digunakan untuk mengobati tukak lambung dan masalah pencernaan. Sama seperti madu lainnya, madu ini juga efektif dalam meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh.

Bukan itu saja, madu manuka juga berkhasiat dalam merawat kulit. Biasanya digunakan dalam berbagai masker wajah untuk membantu mengurangi jerawat dan merawat kulit kusam serta kering.

Manfaat madu manuka untuk perawatan kulit

1. Mengurangi peradangan

Madu manuka memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan kemerahan. Dapat membuat kulit halus dan efektif dalam mengobati kondisi kulit inflamasi, seperti psoriasis, rosacea, jerawat dan lainnya.

2. Membantu dalam penyembuhan luka

Madu ini membantu dalam penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan. Di dalamnya terapat sifat antibakteri dan membunuh bakteri yang bertanggung jawab atas infeksi dan peradangan pada luka.

Baca juga: 

5 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

3. Mengobati jerawat

Madu manuka memiliki sifat anti-oksidatif dan antibakteri yang mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan peradangan yang berhubungan dengan jerawat. Ini melawan bakteri penyebab jerawat dan menghentikan pertumbuhan acne vulgaris.

Cara memakainya

1. Masker wajah

Untuk membuat masker wajah menggunakan madu manuka, cukup campurkan 1 sendok makan madu manuka dengan minyak almond, campur secara merata lalu oleskan pada wajah Anda. Cuci bersih dengan air dingin setelah 15-20 menit.

2. Spot treatment

Baik itu luka, jerawat atau bekas luka, Anda bisa menggunakan madu manuka untuk mengobatinya. Cukup oleskan sebagian di area yang terkena dan bersihkan setelah mengering.

3. Pembersih wajah

Anda bahkan dapat memasukkan madu manuka ke dalam perawatan kulit harian Anda dengan menggunakannya sebagai pencuci wajah. Cukup campur dengan air dan pijat di wajah Anda. Bilas dengan air dingin dan keringkan.

NIA PRATIWI | PINK VILLA