6 Olahraga yang Bisa Jadi Pilihan Para Penderita Penyakit Asma

Bersepeda santai adalah salah satu olahraga yang bisa dipilih para penderita penyakit asma. (Pexels/Andrea Piacquadio)

kesehatan

6 Olahraga yang Bisa Jadi Pilihan Para Penderita Penyakit Asma

Minggu, 14 Maret 2021 23:06 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Penderita penyakit asma biasanya menghindari olahraga karena rentan menimbulkan sesak nafas. Namun demikian, olahraga tetap diperlukan. 

Secara umum, latihan terbaik untuk asma melibatkan semburan tenaga yang singkat. Aktivitas yang lembut dan berintensitas rendah juga ideal. Latihan ini tidak terlalu membebani paru-paru Anda, sehingga kecil kemungkinannya menyebabkan gejala asma.

Berikut beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh para penderita asma.

1. Renang

Berenang adalah salah satu olahraga yang paling direkomendasikan untuk penderita asma. Dibandingkan dengan aktivitas lain, aktivitas ini cenderung tidak menimbulkan gejala terkait asma. Terlepas dari manfaat ini, kolam yang diklorinasi dapat menyebabkan gejala pada beberapa individu. 

2. Berjalan kaki

Sebagai aktivitas intensitas rendah, berjalan kaki adalah pilihan bagus lainnya. Bentuk olah raga ini lembut pada tubuh, yang membuatnya lebih mudah bernafas. Untuk Anda yang ingin mencoba, berjalanlah di luar saat cuaca hangat. Anda juga bisa berjalan di treadmill atau trek dalam ruangan.

3. Mendaki

Pilihan lainnya adalah menikmati pendakian yang lembut. Pilih jalur yang relatif datar atau memiliki tanjakan yang lambat dan stabil. Jika Anda memiliki alergi, periksa jumlah serbuk sari setempat sebelum mendaki. Lakukan pendakian hanya jika tingkat serbuk sari rendah.

4. Bersepeda

Bersepeda adalah aktivitas lembut lainnya yang tidak melibatkan pengerahan tenaga terus-menerus. Anda juga dapat melakukan bersepeda dalam ruangan dengan sepeda statis.

5. Lari jarak pendekJika Anda ingin berlari, pilihlah aktivitas lari jarak pendek seperti lari cepat. Berlari jarak jauh di trek atau di luar mungkin tidak direkomendasikan pada orang dengan asma yang lebih tidak terkontrol karena diperlukan upaya terus-menerus.

6. Olahraga intermiten

Olahraga lain yang melibatkan istirahat intermiten juga bisa dilakukan oleh para penderita asma. Beberapa di antaranya adalah baseball, senam, bola voli, golf, dansepak bola.

Itu tadi beberapa olahraga untuk para penderita penyakit asma. Untuk bisa memilih olahraga yang tepat, Anda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 

Baca juga: 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Asma, Ada Pisang dan Bayam

HEALTHLINE