8 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Ada beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami, mulai dari mengompres mata dengan air dingin dan tidur yang cukup. (Canva)

kecantikan

8 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Kamis, 25 Februari 2021 19:52 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, kantung mata akan makin tampak terlihat. Namun, kantung mata juga bisa timbul di usia muda karena banyak faktor. Tentu ini menyebalkan karena membuat penampilan kita terlihat lelah dan lebih tua dari usia sebenarnya. Tapi tenang, ada beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami. 

1. Kompres dengan teh

Teh bisa membantu mengatasi lingkaran hitam dan kantung di bawah mata. Ini karena kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit. 

Agar lebih mudah mengompres mata, gunakan kantong teh celup. Caranya sebagai berikut: 

  • Seduh dua kantong teh selama 3 sampai 5 menit
  • Biarkan kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit
  • Kemudian, peras kelebihan cairannya dan oleskan ke area bawah mata
  • Biarkan kantong teh selama 15 hingga 30 menit.

2. Gunakan kompres dingin

Mengompres mata dengan air dingin bisa membantu pembuluh darah mengerut dengan cepat dan menghilangkan kantung mata. 

Ada beberapa pilihan DIY untuk mengompres mata:

  • sendok teh dingin,
  • mentimun dingin,
  • kain lap basah,
  • hingga kantong sayuran beku

Pastikan jangan menggunakan benda yang terlalu dingin ketika mengompres mata. Kamu bisa menggunakan kain lembut untuk membungkus kompres. 

3. Tetap terhidrasi

Untuk menghindari terbentuknya kantung mata atau lingkaran di bawah mata, minumlah cukup air. Para ahli merekomendasikan perempuan untuk minum 9 gelas air setiap hari.

Jika tidak terlalu suka air putih, tenang saja cairan apapun yang kamu minum tetap berguna. Kamu bisa mengonsumsi teh, kopi, hingga air soda. Namun pastikan tubuh terhidrasi dengan cara yang sehat. 

4. Tidur telentang

Untuk mencegah munculnya kantung dan lingkaran hitam di bawah mata tidurlah dengan posisi telentang. Kamu juga bisa menggunakan bantal ekstra saat tidur, misal dengan menumpuk dua bantal di bawah kepala. Posisi ini bisa membantu mencegah penumpukan cairan di kelopak mata bawah yang bisa menyebabkan bengkak saat kamu tidur.

5. Tidurlah minimal delapan jam

Selain tidur telentang, lama waktu tidur juga bisa memengaruhi kondisi mata kita. Meskipun tidak langsung menimbulkan lingkaran di bawah mata, kurang tidur bisa membuat kulit lebih pucat. Kebanyakan orang dewasa harus berusaha untuk tidur antara tujuh dan delapan jam setiap malam.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika kamu sulit tidur, yaitu:

  • Cobalah membuat jadwal tidur, atau waktu tidur dan waktu bangun yang teratur.
  • Hindari minuman dan makanan berkafein 6 hingga 12 jam sebelum waktu tidur.
  • Hindari minuman beralkohol menjelang waktu tidur.
  • Habiskan semua makanan dan kudapan dua jam sebelum waktu tidur.
  • Selesaikan semua olahraga berat beberapa jam sebelum waktu tidur.
  • Matikan televisi, ponsel, dan perangkat elektronik lainnya satu jam sebelum waktu tidur.

6. Makan lebih banyak makanan kaya kolagen

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan yang menopang kelopak mata melemah. Artinya, kulit kita mungkin mulai kendur. Lemak yang biasanya ada di sekitar mata juga berkurang.

Meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak asam hialuronat. Asam esensial ini secara alami ditemukan di dalam tubuh, tetapi jumlah yang disimpan menurun seiring bertambahnya usia.

Makanan yang kaya vitamin C dan asam amino dapat membantu produksi kolagen melalui peningkatan kadar asam hialuronat, sehingga kulit menjadi lebih sehat.

7. Konsumsi makanan kaya zat besi

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata dan membuat kulit lebih pucat. Untuk itu kita perlu makan bahan makanan kaya zat besi, seperti daging merah, unggas, makanan laut, serta sayuran berdaun hijau. Namun, jika ada dugaan kamu menderita anemia, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter. 

8. Kurangi makanan asin

Makan terlalu banyak makanan asin bisa menjadi penyebab kantung mata Anda. Garam berkontribusi pada retensi cairan tubuh dan dapat menimbulkan bengkak secara keseluruhan. 

The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi 2.300 miligram (mg) atau kurang garam setiap hari. Idealnya, orang dewasa sebaiknya mengonsumsi tidak lebih dari 1.500 mg garam setiap hari.

Sebagai panduan, berikut adalah berapa miligram dalam berbagai sendok teh (sdt) takaran garam:

  • 1/4 sdt = 575 mg natrium
  • 1/2 sdt = 1.150 mg natrium
  • 3/4 sdt = 1.725 mg natrium
  • 1 sdt = 2.300 mg natrium

Salah satu cara untuk menurunkan konsumsi garam dengan menghindari makanan kemasan dan olahan. Sebaliknya, cobalah makan makanan utuh, seperti buah-buahan dan sayuran segar.

Itu tadi 8 cara menghilangkan kantung mata secara alami. Mengatur pola makan dan tidur yang baik juga akan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: 7 Faktor Penyebab Kantung Mata Berwarna Hitam

HEALTHLINE