Sophia Latjuba Ungkap Syarat Khusus Makan di Restoran saat Pandemi

Sophia Latjuba, model dan aktris. Instagram/@sophia_latjuba88

profil

Sophia Latjuba Ungkap Syarat Khusus Makan di Restoran saat Pandemi

Rabu, 24 Februari 2021 07:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan model Sophia Latjuba membagikan pengalaman makan di restoran saat pandemi Covid-19. Dalam unggahan foto Instagram Stories, Senin malam, 23 Februari 2021, ibu dua putri itu mengungkapkan bahwa itu kali pertama makan di luar setelah satu tahun. Ia pun mempunyai syarat khusus.

Ia memilih duduk di bagian luar ruangan restoran yang dikelilingi pepohonan. Kursi dan meja terlihat diatur jaraknya sesuai protokol kesehatan. Menurut Sophia, restoran ramen yang berlokasi di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, itu sudah sesuai kriteria pengecekan Covid-19 versinya.

"Setelah berulang kali pemeriksaan standar covid-19 versi saya, restoran ini terlihat aman. Makan di luar setelah satu tahun," jelasnya di keterangan dalam bahasa Inggris.

Di unggahan foto selanjutnya, ia menunjukkan alat makan seperti sendok dan garpu  di dalam boks khusus. Ia menyukai cara restoran menjaga kebersihan alat makan demi kenyamanan pelanggan di masa pandemi.

Unggahan Instagram Stories Sophia Latjuba pada Selasa malam, 23 Februari 2021. Instagram/@sophia_latjuba88

"Protokol keamanan Covid: alat makan yang dibungkus dan disanitasi secara individual," tulisnya dalam bahasa Inggris.

Sophia Latjuba salah satu aktris yang menaruh perhatian besar pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Selama menjalani karantina wilayah yang diterapkan pemerintah, Sophia Latjuba kerap membagikan kiat berkegiatan di rumah saja dengan ragam olahraga, salah satunya yoga.

Unggahan Instagram Stories Sophia Latjuba pada Selasa malam, 23 Februari 2021. Instagram/@sophia_latjuba88

Ia juga memberikan alternatif membuat masker sendiri di rumah saat masker menjadi langka di awal pandemi. Perempuan berusia 50 tahun itu berbagi tips simpel dan praktis membuat masker sendiri tanpa menjahit.

"Sharing sedikit sebelum yoga. Hanya perlu bandana, karet gelang, done. Keep your droplets to yourself," tulisnya di keterangan video dalam fitur Instagram TV, pada Sabtu, 4 April 2020. 

Ia mengaku itu kali pertama percobaannya membuat masker sendiri. Kemudian ia menunjukkan langkah pembuatannya. Pertama, bandana dilipat persegi panjang menjadi dua bagian, kemudian kedua sisi ujung diselipkan karet gelang. Lalu dilipat ke sisi dalam dan bisa langsung digunakan dengan menyelipkan karet.

Agar bagian hidung tetap rapat, Sophia menyarankan memakai kacamata. Perhatikan juga cara melepasnya jangan sampai menyentuh bagian luar. Lepas masker dari karet yang mengait di telinga agar meminimalisasi risiko terpapar virus corona. Tak lupa, ia mengingatkan untuk langsung dicuci usai dipakai.

Selain tips membuat masker, mantan pacar Ariel Noah itu juga berbagi kiat pergi belanja ke supermarket saat pandemi. Ia menerapkan sejumlah prosedur mulai dari cara berpakaian hingga membersihkan barang belanjaan.

"Tapi kalau kulkas sudah mulai kosong, mau nggak mau keluar belanja. Prosedurnya lumayan ribet, but it has to be done. Pakai jaket dari rumah, sebelum masuk mobil lepas dan masukan ke dalam bagasi," tulis Sophia di keterangan foto Instagram, 22 Maret 2020.

Ia pun menyarankan untuk menjaga interaksi sosial atau social distancing di dalam supermarket. Setibanya di rumah, Sophia menganjurkan untuk membersihkan barang belanjaan sebelum masuk ke rumah, yang diawali dengan mencuci tangan. Tak lupa, ia mengingatkan bagi orang-orang yang pulang berbelanja untuk segera mandi dan cuci rambut.

Berkat hobi barunya, Sophia Latjuba kini membuat studion pottery atau kerajinan tanah liat sendiri bersama dengan putrinya Eva Celia. Instagram/@sophia_latjuba88

Belakangan ini, Sophia Latjuba membagikan aktivitas membuat kerajinan dari tanah liat atau pottery sebagai alternatif kegiatan di rumah saja. Ia tekuni hobi baru itu bersama anak sulungnya, Eva Celia. 

Baca juga:

Intip Gaya Setelan Sophia Latjuba saat Menghadiri Pernikahan Mantan Suami