Waspadai Covid Tongue, Gejala Terinfeksi Covid-19 di Lidah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menunjukkan lidah. Unsplah.com/Hayes Potter

Ilustrasi wanita menunjukkan lidah. Unsplah.com/Hayes Potter

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu gejala terinfeksi COVID-19 adalah indera perasa lidah tak berfungsi dengan baik. Pasien COVID-19 tak bisa merasakan apa pun saat menyantap makanan manis, gurih atau asin. Ternyata tak hanya itu, ada lagi gejala COVID-19 pada perubahan karakteristik lidah yang patut diwaspadai yaitu Covid Tongue.

"Terjadi perubahan warna lidah, bentuk permukaan lidah, derajat sensitivitas lidah, dan gambaran selaput permukaan lidah. Manifestasinya memang beragam, bisa seperti pecah-pecah, herpes pada lidah maupun jamur pada lidah, namun belum bisa disimpulkan secara spesifik ," kata Dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM), Anton Sony Wibowo.

Anton menyebutkan saat ini belum banyak data terkait Covid tounge. Beberapa penelitian di luar negeri masih terbatas pada laporan kasus dan penelitian retrospektif yang menunjukkan adanya perubahan pada lidah yang signifikan.

Dari satu laporan penelitian retrospektif di Cina diketahui munculnya Covid tongue memiliki karakteristik berbeda pada pasien COVID-19 dengan gejala ringan, sedang, dan berat.

Baca juga:

Orang yang Sudah Disuntik Vaksin Covid-19 Bisa Positif Covid-19? Ini Kata Dokter

Pada gejala yang ringan hingga sedang, warna lidah cenderung merah dengan permukaan putih. Sedangkan pada pasien COVID-19 bergejala berat warna lidah cenderung pucat dengan permukaan kekuningan disertai dengan rasa nyeri.

"Laporan penelitian ini perlu ditambahkan dengan penelitian lain yang lebih kuat buktinya karena penelitian terkait Covid tongue belum banyak dilakukan," ujarnya.

Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini menjelaskan Covid tounge juga menyebabkan perubahan sensasi perasa lidah atau dysgesia. Kondisi ini menunjukkan adanya perubahan pencecapan pasien. Sementara rasa nyeri pada lidah yang timbul akibat Covid tongue ini akan mempengaruhi nafsu makan bagi yang positif COVID-19.

Untuk pengobatan Covid Tongue dilakukan sesuai standar pengobatan COVID-19 dan menjaga kebersihan rongga mulut. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."