Ketahui Postur Tubuh yang Benar saat Makan di Restoran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Pengunjung saat makan di tempat pada salah satu restoran di Metropolitan Mall, Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 27 Agustus 2021. Pemerintah memberikan izin restoran buka dan melayani dine-in alias makan di tempat selama penerapan PPKM Level 3 dengan kapasitas 25 persen atau 2 orang per meja dengan waktu selama 30 menit. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

Pengunjung saat makan di tempat pada salah satu restoran di Metropolitan Mall, Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 27 Agustus 2021. Pemerintah memberikan izin restoran buka dan melayani dine-in alias makan di tempat selama penerapan PPKM Level 3 dengan kapasitas 25 persen atau 2 orang per meja dengan waktu selama 30 menit. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pakar etiket William Hanson menjelaskan tentang postur tubuh yang benar saat duduk di restoran. Dia mengingatkan agar kita tidak bungkuk saat makan, karena akan mempengaruhi cara makan dan tidak elegan. Berikut arahan William Hanson saat kita makan di restoran.

1. Punggung Jangan Menyentuh Sandaran Kursi saat Makan

William Hanson mengatakan kalau postur tubuh bungkuk dan punggung menyentuh sandaran kursi ketika duduk, posisi tangan seperti dinosaurus saat menggunakan pisau dan garpu.

Menurut dia postur tubuh yang benar saat duduk di restoran adalah punggung tidak menyentuh sandaran kursi. Dengan begitu pergelangan tangan tetap rendah saat menggunakan pisau dan garpu, sehingga terlihat lebih elegan. 

2. Makan Bungkuk Pengaruhi Pencernaan

William mengatakan dalam konteks acara apapun, sangat sulit untuk makan ketika duduk bersandar di kursi dan membungkuk. Terlebih postur tubuh membungkuk justru tidak ideal untuk pencernaan.

"Tubuh secara medis akan [mengkonfirmasi] bahwa saluran pencernaan harus berada dalam garis lurus, bukan membungkuk, agar kita dapat memproses apa yang baru saja kita kunyah dengan baik dan tidak menambah berat badan," ujarnya kepada Daily Mail.

3. Kursi Restoran Dirancang Agar Pengunjung Duduk Tegak

Seorang pria menyantap kebab di sebuah restoran di Ankara, Turki, pada 27 Oktober 2022. Namun, kenaikan inflasi selama satu tahun terakhir telah membuat makanan tersebut tak terjangkau bagi banyak warga Turki. (Xinhua/Mustafa Kaya)

Kecenderungan membungkuk yang menyebabkan posisi tangan dinosaurus memang kerap ditemukan terutama di kalangan profesional industri saat makan malam. Lalu apakah kursi restoran dirancang untuk mendukung postur tubuh yang benar saat makan?

William mengatakan kursi makan dirancang berbeda dari kursi yang mungkin digunakan untuk bersantai di rumah atau di bar. Sebab itu duduk lebih tegak tentu akan lebih mudah. 

Sedangkan posisi pergelangan tangan yang rendah, akan mempermudah saat menggunakan pisau dan garpu serta lebih dekat dengan piring. Kecuali tangan yang memegang garpu, yang membawa makanan ke dalam mulut.

4. Boleh Bersandar di Kursi Setelah Makan

Bersandar setelah makan diperbolehkan, terutama jika semua orang dalam jamuan makan tersebut juga melakukannya. Tapi William mengingatkan sekali lagi bahwa konteks acara itu penting. "Apakah Anda menghadiri jamuan makan yang sangat formal dengan pakaian yang cerdas? sebaiknya tidak bersandar," kata William. Sebaliknya jika makan makan bersama di rumah teman, Anda bisa bersandar di kursi kapan saja. 

Pilihan Editor: Tourism Western Australia Rilis Panduan Wisata Muslim, Dilengkapi Daftar Restoran Halal

YUNIA PRATIWI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."