Segudang Manfaat Jahe dan Resepnya untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Jahe adalah rempah dan bumbu dapur yang kaya manfaat bagi kesehatan dan bisa membantu menurunkan berat badan. (Canva)

kesehatan

Segudang Manfaat Jahe dan Resepnya untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Selasa, 23 Februari 2021 14:46 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, Jakarta - Manfaat jahe telah diketahui sejak lama baik untuk kesehatan tubuh. Beruntung, rempah ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahan makanan ini juga sering digunakan dalam berbagai resep makanan Nusantara. 

Jahe juga berguna secara tidak langsung untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa mencampurkan rempah ini dengan bahan-bahan lain agar manfaatnya bisa lebih terlihat. 

 

Kandungan dan manfaat jahe untuk diet 

Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogaol. Ketika kita mengonsumsi jahe, senyawa ini merangsang beberapa aktivitas biologis dalam tubuh.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat menyebabkan stres oksidatif dan peradangan. Stres oksidatif disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Nah, sifat antioksidan jahe membantu mengendalikan radikal bebas ini, sementara sifat antiinflamasinya dapat melawan peradangan.

Sifat jahe ini tidak secara langsung mengatasi kelebihan berat badan, tetapi membantu mencegah kerusakan kardiovaskular dan efek samping lain dari kelebihan berat badan. Sejumlah penelitian juga mendukung gagasan bahwa jahe juga berperan dalam penurunan berat badan.

Sebuah meta-analysis dari studi yang mengamati manfaat penurunan berat badan dari mengkonsumsi jahe, misalnya, menunjukkan bahwa jahe memiliki efek signifikan pada berat badan dan lemak perut (rasio pinggang-pinggul).

Gingerol mendorong aktivitas biologis tertentu di tubuh. Senyawa ini memiliki efek anti-obesitas, membantu makanan untuk dicerna lebih cepat, dan merangsang tubuh untuk mempercepat makanan yang dicerna melalui usus besar.

Penelitian menunjukkan bahwa gingerol dapat menstabilkan kadar gula darah. Menjaga gula darah tetap stabil bisa menjadi kunci untuk menurunkan berat badan.

Tips diet dengan resep minuman jahe

1. Jahe dan lemon

Selain bisa menjaga kesehatan tubuh, jus lemon dapat bertindak sebagai penekan nafsu makan.

Cara mengkonsumsi:

Tambahkan perasan lemon ke dalam teh jahe atau minuman jahe dapat membantu kita minum lebih banyak cairan. Ini dapat membuat kamu tetap terhidrasi dan merasa kenyang lebih lama, dan bisa jadi cara menurunkan berat badan.

Minumlah lemon dan jahe dua atau tiga kali sehari untuk memaksimalkan hidrasi dan menekan nafsu makan.

2. Cuka sari apel dan jahe

Cuka sari apel (ACV) memiliki sifat penurunan berat badan. Mencampurkan cuka ini dengan jahe dapat meningkatkan efek antiglikemik dan antioksidan dari kedua bahan tersebut. Cuka sari apel juga mengandung probiotik yang kuat, yang dapat meningkatkan kesehatan usus saat kamu berusaha menurunkan berat badan.

Cara mengkonsumsi:

1. Seduh jahe dengan air panas, biarkan hingga mendingin. 

2. Tambahkan sedikit madu atau perasan lemon ke dalam 1 cangkir teh jahe 

3. Tambahkan 2 sendok makan cuka sari apel, aduk, lalu minum

Pastikan air tidak terlalu panas karena akan membunuh bakteri dalam cuka sari apel yang akan mengakibatkan kamu akan kehilangan efek probiotiknya. Minum teh ini sekali sehari, di pagi hari sebelum makan untuk manfaat yang maksimal.

3. Teh hijau dan jahe

Teh hijau memiliki khasiat penurunan berat badan. Teh ini populer dikenal sebagai suplemen penurun berat badan karena terbukti dapat mempercepat metabolisme.

Cara mengkonsumsi:

Tambahkan jahe bubuk ke dalam teh hijau panas. Kamu bisa memberikan air agak banyak agar rasa minuman tidak terlalu kuat. Minumlah sekali atau dua kali sehari. Perlu diingat teh hijau juga mengandung kafein.

4. Jus jahe 

Minum jus jahe adalah cara lain untuk memanfaatkan manfaat penurunan berat badan jahe.

Jus jahe bisa dicampurkan bahan lain untuk mengencerkan rasa pedas dari jahe murni. Bahan tambahan yang biasanya terdiri dari madu, jus lemon, dan air, memiliki sifat melembabkan, antioksidan, dan meningkatkan kekebalan itu sendiri.

Cara mengkonsumsi:

Haluskan sekitar 150 gram jahe segar yang belum dikupas dalam blender bersama dengan sekitar 1 gelas air. Saring dan tambahkan pemanis alami, seperti madu, sirup agave, atau pemanis alami lainnya. Kamu bisa menambahkan daun mint atau es batu agar terasa segar. 

Minum sekali atau dua kali sehari sebagai penekan nafsu makan.

Itu tadi manfaat jahe untuk diet menurunkan berat badan. Perlu diingat, minum air jahe secara berlebihan dapat mengalami efek samping ringan, yakni sakit perut, diare, dan mulas. 

Baca juga: Tips Menyimpan Jahe yang Benar, Pastikan dalam Kondisi Kering

HEALTHLINE