Tips Menyimpan Jahe yang Benar, Pastikan dalam Kondisi Kering

Ilustrasi Jahe. Pixabay.com

ragam

Tips Menyimpan Jahe yang Benar, Pastikan dalam Kondisi Kering

Rabu, 23 Oktober 2019 16:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jahe, rempah dan bumbu dapur yang kaya manfaat bagi kesehatan. Di antaranya makanan pendukung sistem kekebalan, menurunkan kolesterol hingga obat anti mual di masa kehamilan. Menurut review dari 12 studi yang diterbitkan dalam Nutrition Journal yang mencakup total 1.278 wanita hamil, 1,1 hingga 1,5 gram jahe dapat secara signifikan mengurangi gejala mual.

Untuk merasakan manfaatnya untuk kesehatan, Anda harus memahami pula cara penyimpanan dan pengolahannya. Untuk pilihan mengolah bisa dilakukan dengan cara cold pressed, dicampur dengan air hangat dan madu atau untuk hidangan salmon. Namun untuk menjaga bahan alami ini tetap segar dan berkhasiat, lakukan pula cara menyimpan yang benar.

Melansir laman Purewow, hal pertama yang harus diperhatikan, ketika Anda membeli jahe di pasar atau supermarket pilih potongan-potongan yang memiliki kulit halus dan tekstur tegas, dan seharusnya tidak terasa lembut atau terlihat kusut. Jika Anda menyimpannya di lemari es, simpan seluruh, akar yang tidak dikupas di dalam kantong plastik yang dapat ditutup kembali, dengan semua udara didorong keluar, di laci lemari es Anda yang lebih tajam. Jika sebagian jahe telah dipotong atau dikupas, pastikan untuk mengeringkannya dengan tisu kertas sebelum disimpan.

Anda juga bisa menyimpan jahe segar tanpa batas di dalam freezer. Masukkan jahe yang belum dikupas ke dalam tas freezer atau wadah yang aman untuk freezer agar tidak terbakar. Saat Anda perlu menggunakannya, tarik keluar dari freezer, parut apa yang Anda butuhkan dan kembalikan akar ke freezer. Jahe beku sebenarnya lebih mudah diparut, jadi tidak perlu mencairkannya terlebih dahulu.

 

YUNIA PRATIWI