Selain Tinggi Vitamin C, Intip Kandungan Lemon yang Baik untuk Kesehatan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mila Novita

google-image
Ilustrasi lemon. Shutterstock

Ilustrasi lemon. Shutterstock

IKLAN

CANTiKA.COM, Jakarta - Lemon dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C. Itu sebabnya, buah ini sangat populer dalam budaya hidup sehat, terutama untuk menjaga berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas. Air perasan lemon jadi bagian dari menu diet. Buah ini juga sering digunakan untuk menambah rasa air putih atau the, serta salad sayuran. 

Vitamin C, yang menjadi ciri khas kandungan buah sitrus, bisa memenuhi hingga 92 persen kebutuhan harian akan vitamin ini untuk setiap satu buah berukuran sedang. Vitamin C juga sangat penting untuk tubuh dan memiliki efek antioksidan yang kuat.

Selain vitamin C, lemon juga mengandung vitamin B6 dan mineral kalium. Vitamin B6 berperan dalam pengubahan makanan menjadi energi. Sementara itu, kalium dalam kadar yang cukup akan membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menyehatkan jantung.

Selain vitamin C, lemon juga mengandung banyak nutrisi lain yang baik untuk kesehatan. Setiap 100 gram lemon mengandung kalori sebanyak 29, air 89 persen, protein 1,1 gram, karbohidrat  9,3 gram, gula 2,5 gram, serat 2,8 gram, dan lemak 0,3 gram

Karbohidrat sebagai kandungan lemon utamanya tersusun atas serat dan gula sederhana. Gula dalam lemon tersebut termasuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Karbohidrat yang terkandung dalam lemon juga terdiri atas serat, terutama serat pektin yang larut dalam air. Serat larut air seperti pektin bermanfaat dalam penurunan gula darah.

Kandungan lemon yang juga dicari adalah senyawa tumbuhan yang dilaporkan berpotensi menurunkan risiko kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah, dan peradangan.

Senyawa tumbuhan dalam lemon antara lain sebagai berikut.
- Asam sitrat
Asam sitrat merupakan jenis asam alami yang paling banyak terkandung dalam lemon. Asam sitrat memiliki popularitas untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

- Hesperidin
Juga merupakan zat antioksidan dan membantu menguatkan pembuluh darah dan mencegah aterosklerosis (penumpukan plak lemak di dalam pembuluh nadi)

- Diosmin
Merupakan zat antioksidan yang dicampurkan ke dalam beberapa obat untuk sistem peredaran darah. Diosmin disebutkan dapat mengurangi peradangan kronis di pembuluh darah.

- Eriocitrin
Juga menjadi kandungan lemon yang memiliki efek antioksidan.

- D-limonene
Merupakan zat yang memberikan senyawa khas lemon dan menjadi komponen utama dalam minyak atsiri lemon.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."