Family Woman, Rachel Vennya Ungkap Pentingnya Family Day Setiap Minggu

Rachel Vennya dan kedua anaknya, Xabiru Oshe Al Hakim dan Aurorae Chava Al Hakim (Instagram/@rachelvennya)

keluarga

Family Woman, Rachel Vennya Ungkap Pentingnya Family Day Setiap Minggu

Selasa, 16 Februari 2021 07:49 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagai ibu, selebgram Rachel Vennya menceritakan nikmatnya bisa bekerja sambil mengasuh kedua buah hatinya dengan Niko Al Hakim, Xabiru Oshe Al Hakim (3 tahun) dan Aurorae Chava Al Hakim (1 tahun). Menurutnya, keinginan itu berkaca dari pengalaman masa kecilnya saat ibunya menjadi orang tua tunggal dan pencari nafkah.

“Mamaku dulu kerja dari jam tujuh sampai jam lima, jadi aku lumayan kurang punya banyak momen sama mamaku. Aku sempat berharap seandainya aku udah gede aku pengen menghabiskan waktuku sama anak-anak dibandingkan kerja,” ujar Rachel Vennya di vlog fotografer Rio Motret #Klikkulik episode 24 edisi Valentine "Arti cinta bagi Rachel Vennya, Beby Tsabina, Cassandra Lee & Cathy Sharon" Ahad, 14 Februari 2021. 

Jadi, saat keinginannya jadi kenyataan, ia tak lupa bersyukur. "Aku berterima kasih banget sama Tuhan yang udah ngasih rezeki yang bisa aku handle saat aku masih ngasuh anak-anakku," tutur selebgram yang mempunyai bisnis pakaian dan makanan ini.

Dalam kesehariannya, Rachel mengaku memasak untuk anak-anaknya, menjadi guru di rumah, menemani mereka makan, hingga mengantarkan mereka tidur siang dan malam.

“Kebanyakan aku di rumah. Pagi saat anak-anak ngaji, aku kerja. Aku bisa review barang atau apa. Abis itu nanti, siangnya aku kasih makan (anak-anak), aku tidurin siang, kerja lagi. Pas mereka bangun aku udah selesai kerja. Terus aku bisa main (dengan anak-anak) sampai jam tujuh atau delapan. Kalau mereka udah tidur baru ada social life-nya,” tutur perempuan 25 tahun itu.

Rachel Vennya dan kedua anaknya, Xabiru Oshe Al Hakim dan Aurorae Chava Al Hakim (Instagram/@rachelvennya)

Sebelum pandemi, kata Rachel, putranya yang akrab disapa Biru mengikuti pendidikan prasekolah. Di masa pandemi, sekolah dilakukan secara online atau daring. Rachel ikut serta mengajarkan anaknya agar tidak banyak terpapar layar.

"Jadi, aku coba cari tahu sendiri dan ngajarin sendiri. Untuk umur se-anak-anak kau, masih bisa ngajarin sendiri," imbuhnya.

Selain bersyukur bisa berbisnis sambil mengurus anak-anak, Rachel mengaku bahwa ia termasuk family woman atau selalu memprioritaskan keluarga. Biasanya, ia membuat family day setiap hari minggu. Ia mengajak ibunya, Viens Tasman, untuk makan malam bersama.

"Mungkin tiap hari aku emang selalu ada di rumah. Cuma hari minggu kita harus lengkap di rumah. Aku selalu ngebikin tiap kita makan malam, kita harus makan malam di meja makan semua," tutur selebgram dengan jumlah pengikut 5,2 juta itu.

Baca juga:

Sebagai Ibu, Rachel Vennya Ingin Kedua Anaknya Tumbuh dengan Penuh Pengertian

Menurut Rachel, kumpul keluarga itu berperan penting dalam menciptakan ikatan batin atau bonding.

“Karena menurut aku, nanti bonding-nya ilang, kalau kita nggak mau usaha. Soalnya setiap keluarga tuh kadang-kadang tuh menyia-nyiakan kesempatan bonding karena merasa itu sesuatu hal yang tidak penting,” ucapnya.

Ia kembali berkaca ke masa kecilnya dahulu yang tak sempat merasakan makan bareng satu meja dengan keluarga. Kini, ia ingin menciptakan momen itu untuk anak-anaknya. 

“Dulu ya, aku kalau makan siang di kamar, sampai akhirnya dewasa aku baru ngerti kita harus bikin semacam rules di rumah. Walaupun itu agak susah dihadapin, tapi kita mau membiasakan diri. Supaya, rasa kasih sayang itu tetap hangat, keluarga masuk rumah warm rasanya,” ujarnya.

Orang tua Rachel Vennya bercerai saat ia berusia dua atau tiga tahun. Menurutnya, itu hal terbaik yang harus ia jalani demi kedamaian bersama.

"Jadi pas mama cerai, dari dulu aku selalu mikir ini jalan terbaik yang Allah kasih buat aku," tukasnya.

Rachel Vennya mengaku ibunya menikah lagi saat ia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ia menyayangi ayah sambung dan adik sambungnya saat ini. Ia juga bersyukur ayah sambungnya begitu mencintai Biru dan Chava sebagai kakek.