Mau Lebih Akrab dengan Ibu Mertua? Ajak Bercerita Masa Kecil Suami dan 4 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita kesayangan mertua. shutterstock.com

Ilustrasi wanita kesayangan mertua. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah perempuan bisa jadi tak merasakan momen canggung atau kesulitan saat menjalin keakraban dengan ibu mertua. Sebaliknya, hal itu tak berlaku bagi beberapa perempuan yang menemui hambatan saat mendekati ibu mertuanya. 

Meski berupaya menganggap ibu mertua sebagai ibu kedua, tapi ada rasa ketakutan dan kerisauan. Bila kamu salah satu yang measakan itu, coba beberapa cara sederhana agar kian akrab dengan ibu mertua.

5 Cara Mendekatkan Diri dengan Ibu Mertua

1. Ajak memasak bersama

Dapur adalah tempat yang tepat untuk menjalin ikatan dengan ibu mertua Anda. Menawarkan bantuan saat ibu mertua memasak akan membuatnya merasa dihargai dan diperhatikan, terutama saat ia membutuhkan bantuan. Selain itu, bersemangatlah untuk mempelajari makanan tradisional khas keluarga suami ataupun makanan favorit suami yang biasa dimasak ibunya; Anda juga beruntung bisa mempelajari sesuatu yang baru dan berharga.

2. Minta dan pertimbangkan sarannya

Ibu mertua Anda akan senang jika Anda terbuka padanya dan meminta nasihatnya tentang berbagai hal. Meminta nasihat bisa memicu ikatan di antara Anda berdua. Ini mungkin membuat Anda tampak rentan, tetapi bersikap terbuka dan saling bercerita membuat Anda dan ibu mertua saling memahami, juga akan membuatnya merasa bahwa Anda juga menghormati pandangannya.

Baca juga:

Alasan Ibu Mertua dan Mantu Wanita Tak Harmonis

3. Mengenal lebih banyak sosok ibu mertua

Tanyakan ibu mertua Anda tentang kehidupan yang dia jalani sampai sekarang. Pertanyaan yang sederhana namun penting ini akan benar-benar memberinya kesan bahwa Anda perhatian dan ingin tahu tentang keluarganya juga.

Tanyakan padanya di mana ia dibesarkan dan tentang hobinya. Anda bisa melihat kilau dan gairah di matanya saat ia mulai menceritakan kehidupannya.

4. Mulailah percakapan tentang masa kecil suami

Ibu mertua Anda mungkin merasa tidak aman karena sekarang Anda mungkin menjadi orang terpenting dalam kehidupan putranya. Untuk membantu menghilangkan perasaan ini, cobalah terlibat dalam percakapan di mana ia dapat berbicara tentang putranya dan yang terpenting, masa kecilnya.

Ia akan segera mulai menunjukkan album foto dan menceritakan semua cerita memalukan tentang suami Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menunjukkan padanya bahwa Anda peduli dengan hubungan ibu mertua dan suami.

5. Lebih banyak menghabiskan waktu bersama

Tidak ada yang lebih baik daripada menjalin ikatan dengan ibu mertua Anda saat berjalan-jalan atau spa dan pergi ke salon bersama. Berada di luar ruangan bersamanya akan membuat ikatan Anda lebih kuat dan memberi Anda kesempatan untuk tertawa, makan, dan bahkan ibu mertua akan menyukai kenyataan bahwa menantunya sangat menikmati kebersamaan itu.

NIA PRATIWI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."