8 Makanan dan Minuman Ini Bisa Memicu Stres

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi gorengan (Freepik.com)

ilustrasi gorengan (Freepik.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah kamu, penyebab stres tidak hanya karena kamu sedang banyak masalah, khawatir berlebihan atau pekerjaan menumpuk, makanan juga bisa memicu stres. Sebabnya, di dalam kandungan makanan tersebut bisa meningkatkan kadar hormon kortisol penyebab stres.

Bila tak ingin mengalami stres yang disebabkan asupan, berikut daftar makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari, seperti dilansir dari Times of India, Minggu, 24 Januari 2021

1. Gula

Gula adalah hal pertama yang harus dihindari untuk mengurangi tingkat stres. Makan terlalu banyak gula dapat melepaskan lebih banyak kortisol, yang menyebabkan masalah tidur, mengganggu sistem kekebalan, sakit kepala, menambah stres, dan mengidam makanan yang tidak sehat.

2. Garam

Terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi air di dalam tubuh, yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Kondisi ini membuat jantung lebih stres.

3. Daging olahan

Daging olahan seperti hot dog, sosis, dan dendeng mengandung banyak natrium dan aditif. Ini menurunkan tingkat energi dan meningkatkan stres.

4. Tepung

Tepung putih atau tepung olahan tidak memiliki serat. Karbohidrat murni ini lebih mudah dicerna sehingga menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Ketika gula darah melonjak, tubuh melepaskan hormon kortisol yang menyebabkan stres.

5. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng menurunkan energi dan meningkatkan stres. Jadi, ketika mengonsumsinya maka Anda merasa lesu dan tidak nyaman. Cobalah metode memasak lain seperti memanggang, menumis, atau mengukus.

Baca juga: 6 Makanan Pereda Stres, Ada Cokelat Hitam, Kacang hingga Salmon

6. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan mungkin terasa enak tetapi tidak ada gunanya bagi tubuh. Ini dapat menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi yang dapat membuat Anda merasa mudah tersinggung dan murung.

7. Alkohol

Segelas anggur mungkin membuat lebih rileks setelah hari yang sibuk, tetapi minum lebih dari itu dapat menambah stres. Ini karena minum terlalu banyak alkohol melepaskan hormon yang dapat membuat merasa cemas dan stres.

8. Terlalu banyak kafein

Minum beberapa cangkir kopi dalam sehari dapat membuat Anda gelisah dan cemas. Cukup minum satu cangkir sehari untuk menjauhkan stres.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."