6 Makanan Pereda Stres, Ada Cokelat Hitam, Kacang, hingga Salmon

ilustrasi kacang. Unsplash/Maksim Shutov

kesehatan

6 Makanan Pereda Stres, Ada Cokelat Hitam, Kacang, hingga Salmon

Kamis, 17 September 2020 15:10 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Stres kronis dapat meningkatkan peradangan di tubuh kita, mengacaukan suasana hati, tidur, kebiasaan makan, hingga kesehatan secara menyeluruh. Salah satu cara meredakannya jeli memilih asupan. Produksi hormon kortisol penyebab stres bisa dikurangi lewat makanan yang kaya kandungan lemak omega-3 hingga vitamin B.

Berikut 6 Makanan Pereda Stres Melansir laman Times of India

1. Kacang

Selain kaya serat, lemak, dan protein, kacang juga kaya akan vitamin B, yang bisa redakan stres. Kalium dalam kacang juga membantu menjaga tekanan darah.

2. Oatmel

Tidak semua karbohidrat buruk untuk Anda. Faktanya, karbohidrat baik untuk tubuh, otak, dan pembentukan neurotransmitter serotonin yang membuat kita merasa nyaman. Apa saja contoh karbohidratnya? Biji-bijian utuh (seperti oatmeal) memiliki serat yang dicerna dengan lambat sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula, tidak seperti karbohidrat sederhana.

3. Salmon

Menurut penelitian, salmon mengandung lemak omega-3, yang membantu mengurangi kecemasan hingga stres. Kurangi konsumsi daging olahan seperti sosis, lebih baik makan ikan dua kali seminggu untuk mengelola tingkat stres Anda.

4. Cokelat Hitam

Sesuai penelitian, dark chocolate atau cokelat hitam membantu mengurangi stres. Pilih cokelat dengan 70 persen kakao.

5. Teh Herbal

Pilih teh herbal daripada alkohol. Telah diamati bahwa peminum teh memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah, yaitu hormon stres. Teh herbal bebas kafein. Sebab kafein bisa memicu kecemasan dan mengganggu tidur. Jadi, secangkir teh herbal bisa membuat Anda merasa lebih baik jika Anda sedang stres.

6.Yoghurt

Yoghurt adalah pilihan yang lebih baik daripada keju karena kaya akan probiotik dan baik untuk bakteri usus Anda. Anda akan terkejut mengetahui bahwa 50 persen dopamin dan 95 persen serotonin (bahan kimia penambah suasana hati) diproduksi di usus Anda. Sumber probiotik umum lainnya termasuk kimchi dan kombucha

NIA PRATIWI