Momala, Kamala Harris Cerita Panggilan Sayang Itu dari Kedua Anak Sambungnya

Kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris dalam pemilu AS menjadikannya sebagai perempuan pertama yang menjadi Wakil Presien Amerika. REUTERS/Jim Bourg

keluarga

Momala, Kamala Harris Cerita Panggilan Sayang Itu dari Kedua Anak Sambungnya

Rabu, 20 Januari 2021 13:25 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjelang pelantikannya sebagai wakil Presiden Amerika Serikat pada Rabu, 20 Januari 2021, waktu Amerika Serikat, sosok Kamala Harris terus menjadi sorotan. Tak hanya sebagai wanita kulit hitam pertama dan orang Amerika keturunan Asia pertama menduduki kursi orang nomor dua di Amerika Serikat, perannya sebagai ibu juga mencuri perhatian.

Kamala Harris adalah ibu sambung dari dua anak. Suami Kamala, Douglas Emhoff, memiliki dua anak dari pernikahan sebelumnya. Mereka adalah John Coltrane atau yang disapa Cole, dan Ella Fitzgerald yang dipanggil Ella.

Kamala menikah dengan Douglas Emhoff, pada 22 Agustus 2015. Mereka menikah dengan sebuah upacara pribadi di Gedung Pengadilan Santa Barbara, menurut The Chronicle.

Ia mengaku baru menemui kedua anak sambungnya setelah hubungannya dengan Douglas benar-benar serius. "Doug dan aku banyak memikirkan kapan dan bagaimana aku pertama kali akan bertemu anak-anak. Dan itu berarti menunggu. Saat kami menunggu, antisipasi tumbuh,” lanjutnya.

Selama proses pengenalan sebelum menikah, Kamala mengungkapkan kedua anak sambungnya sangat ramah dan hangat.

Kamala Harris (dua dari kanan) bersama suaminya Douglas Emhoff dan kedua anak tirinya Cole dan Ella. Instagram.com/@kamalaharris

"Cole dan Ella sangat ramah. Mereka adalah anak-anak yang brilian, berbakat, dan lucu yang telah tumbuh menjadi orang dewasa yang luar biasa. Saya sudah terpikat pada Doug, tapi saya yakin Cole dan Ella yang menarikku,” ujarnya dalam esai untuk Elle, seperti dilansir dari laman Women’s Health.

Menurut sarjana hukum dari University of California, Hastings, Amerika Serikat, itu anak-anak sambungnya merupakan sumber cinta dan kebahagiaan yang tak ada habisnya.

"Saya dapat mengatakan satu hal dengan pasti, hati saya tidak akan utuh, atau hidup saya tidak akan lengkap, tanpa mereka," ujarnya.

Sehati dengan ibu sambungnya, Cole dan Ella juga menyayangi Kamala. Mereka membuat panggilan sayang untuk Kamala, yaitu Momala. 

"Beberapa tahun kemudian ketika Doug dan saya menikah, Cole, Ella, dan saya setuju bahwa kami tidak menyukai istilah 'ibu sambung'. Sebaliknya mereka mengusulkan panggilan 'Momala',"  tulis Harris untuk Elle dikutip dari Harper's Bazaar.

Kamala juga mengemukakan panggilan sayang itu saat membicarakan anak-anaknya di sepanjang kampanye. "Keluarga adalah anak-anak kami tercinta, Cole dan Ella, yang seperti yang baru saja Anda dengar, yang memanggil saya Momala," katanya saat menerima pencalonan wakil presiden pada Konvensi Nasional Demokrat 2020.

Ella bahkan menyebut panggilan itu saat memperkenalkan Kamala Harris dalam video untuk DNC. "Untuk adikku dan aku, kamu akan selalu menjadi Momala, ibu sambung terhebat di dunia," ungkapnya.

(Paling kanan) Kamala Harris bersama kedua anak sambungnya, Ella dan Cole. Instagram/@kamalaharris

Saat menelisik unggahan Instagram Kamala, ia mengungkapkan bahwa dari semua gelar yang ditulisnya di bio profil Instagram, Momala adalah favoritnya.

"Dari semua gelar yang ada, Momala favorit saya. (Link in bio)," tulisnya dalam bahasa Inggris di keterangan foto Instagram, 10 Mei 2019. Di unggahan itu, ia juga menyertakan foto dirinya bersama kedua anak sambungnya saling memeluk.

Mengutip laman Marie Claire, Cole merupakan lulusan dari Colorado College dan bekerja sebagai asisten eksekutif untuk Plan B Entertainment, sementara Ella belajar di Parsons School of Design di New York City, di mana ia mengejar gelar sarjana seni rupa di Pakaian dan Tekstil. Lewat Instagram-nya, Ella terlihat gesit menggunakan jarum rajut. Ia merajut beberapa sweter, celana pendek, dan celana. Ia juga menerima komisi khusus melalui situs webnya.

Kamala Harris dan Douglas Emhoff sepakat meluangkan waktu hari minggu untuk makan malam bersama keluarga. Setiap orang memiliki peran untuk pertemuan khusus, menurut Kamala.

Baca juga: Karya dari 11 Desainer Ini Diprediksi Dipakai Kamala Harris saat Pelantikan

"Waktu kita sebagai keluarga adalah makan malam hari Minggu. Kita berkumpul, kita semua mengelilingi meja, dan seiring waktu kita punya peran masing-masing. Cole mengatur meja dan memilih musik, Ella membuat makanan penutup yang indah , Doug bertindak sebagai sous-chef, dan saya memasak,” kisahnya.

Saat mereka tidak berjumpa, Kamala Harris suka meninggalkan pesan suara, bukan pesan teks untuk mereka. "Pesan itu sangat manis seperti, 'Hai, aku baru saja memikirkanmu, semoga harimu baik,'" kata Ella kepada Glamour. "Dan kemudian aku menelepon kembali!"

Selama masa karantina pandemi COVID-19 dan jadwal kampanye yang padat, Kamala Harris memanfaatkan aplikasi video untuk berbincang dengan keluarga inti dan keluarga besarnya. "Kami memiliki Sunday Zoom, dan kami membicarakan apa saja yang terjadi selama seminggu," ujar Douglas kepada Glamour.

NIA PRATIWI | SILVY RIANA PUTRI