Arumi Bachsin Cerita Pengalaman Disuntik Vaksin COVID-19

Arumi Bachsin dan suaminya Emil Dardak, yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur, mendapat vaksin Covid-19, Jumat 15 Januari 2021. Emil Dardak mendapat vaksin Covid-19 sehari sebelumnya. Instagram.com/@arumibachsin_94

ragam

Arumi Bachsin Cerita Pengalaman Disuntik Vaksin COVID-19

Minggu, 17 Januari 2021 12:06 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Arumi Bachsin bagi pengalaman pertamanya disuntik vaksin COVID-19 lewat unggahan Instagram Stories. Ibu dua anak itu termasuk deretan orang pertama di Surabaya yang mendapat vaksin dalam kapasitasnya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur.

Sehari sebelumnya, Arumi mendampingi suaminya, Emil Dardak, yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur, mendapat vaksin pertama di Povinsi Jawa Timur. Sebelum vaksinasi, pasangan ini juga melakukan persiapan khusus beberapa hari sebelumnya.

Ia dan Emil Dardak menjalani pemeriksaan darah lengkap, serta tes PCR Swab untuk memastikan tubuhnya dalam kondisi sehat sebelum disuntik vaksin COVID-19.

"Ini dasar pemeriksaan untuk memastikan kita sehat sebelum melakukan vaksinasi," ujarnya dalam tayangan kanal Youtube-nya, Kamis, 14 Januari 2021.

Ketika mendampingi sang suami, Arumi Bachsin sempat berbincang dengan Ketua Tim Tracing Satgas penanganan Covid-19 jawa Timur, Kohar Hari Santoso, untuk menjawab rasa penasarannya tentang efek usai vaksin.

"Kalau memang bawaannya alergi mungkin akan bereaksi, tapi kalau mboten (tidak punya alergi) tidak terlalu tinggi reaksinya," ujar ibu dua anak itu.

Dalam tayangan itu, terlihat Arumi memerhatikan dari jauh proses vaksinasi suaminya. Bahkan ia terlihat lega usai Emil mendapat vaksin. Mereka sempat berbincang sambil menunggu observasi untuk mengetahui apakah ada Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi (KIPI) atau tidak usai vaksin.

"Alhamdulillah sekarang sudah divaksin, tensinya tadi agak tinggi, padahal sebelum masuk dibilang kalau berdebar jantungnya tolong lapor, lah saya ini dari tadi berdebar-debar, deg-degan," ungkap Emil Dardak.

Kemudian pada Jumat, 15 Januari 2021, tiba giliran Arumi Bachsin mendapat vaksin COVID-19. Perempuan 26 tahun itu mengaku lega bisa menjalaninya. "Aku sudah lega rasanya, tadi ada kepikiran sempat deg-degan sedikit, so far so good, Alhamdulillah..." ujar Arumi di unggahan Instagram Stories, sambil menjawab pertanyaan dari warganet.

Arumi lega karena ia tidak merasa sakit saat divaksin. Ia sempat mengaku takut jarum suntik. Tidak seperti yang ia khawatirkan, jarum yang digunakan untuk vaksin berukuran kecil, jadi ia merasa tidak sakit sama sekali. Setelah vaksin, ia mengatakan tidak merasa reaksi apa-apa, seperti pegal dan nyeri di area tubuh yang disuntik vaksin. Suhu tubuhnya pun tergolong normal.

"Setelah divaksin tempat divaksin belum merasa ngilu masih biasa aja belum pegal, kalau di mas Emil ada rasanya, kalau di aku belum," ujarnya.

Saat mendapat pertanyaan dari warganet yang meminta tanggapan fenomena masyarakat yang takut mendapat vaksin COVID-19, Arumi Bachsin berjanji akan menjawabnya dalam tayangan Youtube khusus. Ia juga menjelaskan alasan tidak vaksinasi di hari yang sama dengan Emil Dardak, karena untuk membantu reaksi pasca vaksinasi suaminya. Tak lupa, ia berterima kasih kepada sang suami yang sudah menemaninya saat vaksin.

MILA NOVITA