Selain Alpukat, 6 Makanan Ini Bantu Jaga Kesehatan Miss V

Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

kesehatan

Selain Alpukat, 6 Makanan Ini Bantu Jaga Kesehatan Miss V

Sabtu, 29 Agustus 2020 14:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Miss V atau vagina yang sehat ditandai dengan keseimbangan pH berada di angka 3,8 - 4,5. Bila kondisi pH tidak seimbang, artinya memberi ruang untuk berkembangnya bakteri penyebab penyakit. Selain rutin membersihkan dan merawat, perhatikan pula asupan yang baik untuk kesehatan Miss V. Mulai dari apel, alpukat hingga ubi diyakini kaya akan vitamin dan hormon yang dibutuhkan Miss V.

7 Makanan untuk Jaga Kesehatan Miss V

1. Cranberry

Cranberry sangat kaya akan antioksidan yang bisa membantu melawan bakteri agar tidak masuk ke dinding kandung kemih. Tak hanya menjaga kesehatan vagina, cranberry lebih spesifik lagi disarankan untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Bagi perempuan yang kerap mengalami infeksi saluran kemih berulang, cranberry bisa jadi pilihan. Sebaiknya pilih cranberry dalam bentuk alami, bukan jus kemasan. 

2. Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak baik, vitamin B6, dan juga potasium yang meningkatkan kadar estrogen pada perempuan yang berpengaruh pada fungsi lubrikasinya. Tak hanya itu, alpukat juga memperkuat kandungan yang memperbesar kemungkinan suksesnya program bayi tabung.

3. Apel

Berdasarkan penelitian tahun 2014, perempuan yang rutin mengonsumsi apel setiap harinya lebih mudah mewujudkan seks yang menyenangkan. Kandungan phytoestrogen berupa phloridzin dalam apel membuat fungsi seksual kian optimal, termasuk untuk lubrikasi dan orgasme.

4. Sayuran hijau

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, sayuran sehat dengan daun berwarna hijau juga bisa mewujudkan vagina sehat. Mengonsumsi sayuran hijau secara berkala dapat mencegah vagina kering dan meningkatkan stimulasi. Tak hanya itu, sayuran hijau juga kaya akan vitamin E, magnesium, dan kalsium untuk kesehatan otot termasuk di Miss V.

Ilustrasi sayuran. TEMPO/Aditia Noviansyah

5. Kedelai

Kandungan phytoestrogen dalam kedelai sangat baik untuk kesehatan vagina, utamanya bagi orang yang level estrogennya cukup rendah. Misalnya bagi mereka yang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau berada di fase menopause. Ciri-ciri level estrogen rendah adalah vagina yang terasa kering.

Untuk itu, konsumsi makanan berbahan dasar kedelai yang minim proses. Kandungan hydrophilic membantu otot menahan lebih banyak cairan. Selain itu, isoflavon di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan kulit pada perempuan yang telah memasuki fase menopause.

6. Ubi

Ubi yang kaya betakaroten dan vitamin A bisa membantu melindungi dan menguatkan dinding rahim. Bahkan, betakaroten dan vitamin A terbukti berkaitan erat dengan reproduksi dan fertilitas baik pada laki-laki maupun perempuan. Itu sebabnya, konsumsi ubi secara berkala dapat membantu menjaga kesehatan Miss v terutama bagi yang sedang menjalani program hamil. Nutrisi yang ada dalam ubi juga membantu produksi hormon seksual. 

7. Makanan probiotik

Beberapa jenis makanan kaya probiotik seperti yogurt, kimchi, hingga sauerkraut tak hanya sahabat bakteri baik dalam sistem pencernaan manusia. Lebih jauh lagi, makanan tinggi probiotik membantu menyeimbangkan kadar pH dan menjaga miss v dari infeksi. Semakin subur bakteri baik yang mendapat asupan nutrisi dari makanan kaya probiotik, dapat mencegah infeksi akibat jamur. Selain itu, kandungan kalsium seperti yang ada dalam yogurt juga membantu meredakan gejala kurang nyaman saat mengalami PMS.

SEHATQ