6 Manfaat Makan Cokelat saat Hamil, Ada Kurangi Risiko Keguguran

Ilustrasi ibu hamil makan cokelat. thestir.cafemom.com

kesehatan

6 Manfaat Makan Cokelat saat Hamil, Ada Kurangi Risiko Keguguran

Minggu, 20 Oktober 2019 09:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah ibu hamil mempunyai keinginan menyantap hidangan tertentu secara spontan di waktu yang tak lazim juga atau biasa disebut ngidam. Jenis hidangan yang diidamkan pun, ada yang suka menyantap keju, bakso, buah-buahan musiman, sate, hingga cokelat. Bicara soal cokelat di masa kehamilan ternyata tidak hanya memenuhi ngidam beberapa ibu hamil, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Ditambah pula, cokelat diyakini bisa mencegah sejumlah risiko kesehatan saat persalinan. Namun perlu diingat, jangan pula mengonsumsi secara berlebihan. Ibu hamil juga harus mengombinasikan varian asupan kaya gizi lainnya yang dibutuhkan selama kehamilan.

Berikut enam manfaat makan cokelat untuk ibu hamil seperti dikutip dari laman Times of India

1. Bayi lebih bahagia

Menurut sebuah studi di Finlandia, perempuan yang makan cokelat selama kehamilan, mereka memiliki bayi yang lebih bersemangat dan lebih bahagia.

2. Bantu kelola stres

Mengingat gejolak hormon terjadi selama sembilan bulan, cokelat bisa menurunkan tingkat stres Anda, kata para peneliti. Bahkan, sejumlah studi telah menemukan bahwa makan cokelat hitam setiap hari mengurangi tingkat stres secara signifikan.

3. Kurangi risiko keguguran

Belum ada obat untuk mencegah keguguran, tapi dokter rutin memberikan arahan-arahan sesuai kondisi kehamilan masing-masing. Namun ada penelitian yang menyebutkan ibu hamil yang makan cokelat setiap hari mengurangi 20 persen dari risiko keguguran selama trimester pertama.

4. Ikut mengontrol berat badan

Cokelat hitam diyakini bisa mempertahankan kenaikan berat badan yang sehat di masa kehamilan dan menurunkan kadar kolesterol.

5. Menurunkan risiko preeklampsia

Salah satu penelitian terbaru melaporkan bahwa makan cokelat setiap hari bisa menurunkan risiko preeklampsia (tekanan darah tinggi), kondisi yang memicu kelahiran prematur, kejang, gumpalan darah, dan bahkan kematian. Mengonsumsi cokelat dikatakan mengurangi risiko preeklampsia hingga 50 persen.

6. Perkembangan janin lebih baik

Ibu hamil yang mengonsumsi cokelat setiap hari memiliki pertumbuhan plasenta dan janin yang lebih baik, kata beberapa penelitian.