Cerita Aliya Rajasa Mengajar Ketiga Anaknya di Rumah: Belajar Sabar dan Kreatif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Aliya Rajasa Baskoro Yudhoyono mengunggah foto baju seragam Lebaran keluarganya.Instagram

Aliya Rajasa Baskoro Yudhoyono mengunggah foto baju seragam Lebaran keluarganya.Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aliya Rajasa kembali berbagi pengalaman saat mengajar ketiga anaknya, Airlangga Satriadhi Yudhoyono (7 tahun), Pancasakti Maharajasa Yudhoyono (4 tahun), dan Gayatri Idalia Yudhoyono atau Baby G (2 tahun0 di rumah akibat pandemi Covid-19. Menurut istri Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas ini, ketiga buah hatinya sudah banyak dilepas sendiri saat belajar dari rumah.

"Murid-muridku + mas Airlangga (yang Alhamdulillah sudah banyak bisa dilepas sendiri )," tulisnya di keterangan foto Instagram pada Rabu, 26 Agustus 2020. 
 
Di unggahan foto tersebut, Aliya yang mengenakan busana lengan panjang warna merah terlihat memeluk Sakti dan Baby G. Mereka bertiga tampak duduk di atas karpet. Aliya berpose menutup mata dan tersenyum, sementara kedua anaknya menatap kamera dan menunjukkan senyuman terbaiknya.
 
Selain mengungkap anak-anaknya sudah tak terlalu banyak didampingi, ia juga berkisah belajar sabar saat menjadi guru mereka di rumah. "Mereka yang melatihku kesabaran, kekuatan, kecerdasan, kreativitas dalam menjadi seorang pendidik terbaik bagi mereka," jelasnya.
 
 
Putri Hatta Rajasa itu juga menuturkan bahwa ada hari-hari yang sulit dilaluinya saat anak-anak belajar dari rumah, sama seperti yang dialami para ibu lainnya. Setiap hari jadi tantangan tersendiri untuknya. Tapi ia tidak menyerah dan terus berjuang karena yakin ada hasil baiknya.
 
Sebelum unggahan ini, beberapa kali Aliya berbagi cerita tentang pengalamannya jadi guru di rumah sejak diberlakukannya belajar dari rumah akibat pandemi Covid-19 pada Maret 2020 silam. Salah satu contohnya pada unggahan April 2020 yang mengungkap ia sangat mengapresiasi pekerjaan para guru.
 
Dalam unggahan pada Rabu, 22 April 2020, ia membagikan foto ketiga anaknya tengah mengerjakan tugas masing-masing. Di slide foto pertama tampak Baby G tengah serius melipat kertas, selanjutnya Sakti tengah mewarnai gambar menyerupai dinosaurus, dan terakhir si sulung, Airlangga terlihat tampak belakang mengerjakan tugas melalui gawai. Ia duduk di meja belajar berwarna biru dan ada botol minuman berwarna merah di samping gawainya.
 

"Istirahat dulu,, besok siap ngajar lagi jadi Bu guru di rumah.. muridnya cuma 3, tapi ampun kadang hilang arah jawabin pertanyaan-pertanyaan ajaibnya anak-anak," cerita Aliya. Apakah Ibu juga merasakan hal yang sama?" tuturnya.

Aliya pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh guru atas perjuangan mereka mendidik anak-anak di sekolah.

"Super salut dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh guru-guru di sekolah yang saya yakin sedang merindukan anak muridnya semua...semoga keadaan ini cepat membaik," tulis Aliya.

Unggahan tersebut juga ramai disinggahi warganet yang juga para pendidik.

"Kami sebagai pendidik sudah sangat rindu kepada seluruh aksi lucu siswa kami," tulis akun @anchyzn08. "Aamiin allahumma aamiin sangatlah merindukan sekolah dan murid-murid," seru akun @hanalistannh. "Banget Bu...,kangen suasana ngajar di kelas," ungkap akun @nova_rsdn.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."