Cegah Kolesterol Tinggi, Kurangi Burger dan Kue

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan burger. TEMPO/Subekti

Ilustrasi wanita makan burger. TEMPO/Subekti

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu cara mencegah kolesterol tinggi adalah menerapkan pola makan sehat. Kurangi konsumsi makanan yang penuh lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Kolesterol tinggi dapat terbentuk ketika reseptor low-density lipoprotein (LDL) pada hati tidak berfungsi dengan baik. Saat kolesterol menumpuk di arteri jantung bisa menyebabkan penyumbatan yang kemudian menimbulkan penyakit tertentu, seperti jantung koroner, serangan jantung, atau stroke. 

Dilansir dari express.co.uk, berikut beberapa makanan dengan tingkat lemak jenuh tinggi yang bisa memicu kolesterol tinggi.

  1. Susu cokelat, puding, dan biskuit
  2. Kue dan pai
  3. Daging domba
  4. Sosis, burger, bacon, dan kebab
  5. Mentega, margarin, ghee, lemak babi hingga lemak sapi
  6. Makanan berminyak dan krim kelapa
  7. Krim penuh lemak, susu, yoghurt, creme fraiche, dan keju

Mengutip laman Sehatq, perlu diingat juga, tubuh kita tetap membutuhkan kolesterol. Zat yang diproduksi oleh hati ini berguna untuk membangun membran sel, hormon, vitamin D, dan berfungsi mencerna lemak.

Maka dari itu, menerapkan pola makan sehat yang dikombinasikan dengan olahraga adalah cara paling aman untuk menurunkan kolesterol. Namun jika tidak berhasil, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk diresepkan obat kolesterol.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."