4 Khasiat Ampela Ayam, Menyehatkan Pencernaan dan Otak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ampla ayam. Shutterstock

Ilustrasi ampla ayam. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ampela ayam kerap dipandang hanya memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Tapi organ dalam unggas ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Ampela adalah bagian dari sistem pencernaan ayam yang berfungsi untuk menggiling makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga lebih mudah dicerna. Jika Anda pernah melihat ayam mematuki kerikil, batu kecil itulah yang tersimpan di bagian ampela. 

Ampela ayam berbentuk agak oval dan kecil dan akan terasa kenyal ketika Anda gigit. Di pasaran, organ ini kerap dijual bersama dengan hati atau dikenal dengan istilah jeroan ati-ampela.

Jeroan memang dikenal sebagai makanan yang enak, tapi jahat karena mengandung kolesterol. Tapi, stigma ini tidak dapat dilekatkan pada ampela ayam karena justru kaya akan nutrisi, terutama protein, dan rendah lemak sehingga aman dikonsumsi oleh hampir semua orang.

Berikut sejumlah manfaat ampela ayam untuk kesehatan tubuh

1. Menyehatkan pencernaan dan otak

Ampela ayam mengandung vitamin B-12 yang dapat meningkatkan kinerja otak sekaligus produksi sel darah merah. Defisiensi vitamin B-12 ini dapat mengakibatkan anemia atau kelainan gastrointestinal yang menyebabkan munculnya masalah ingatan, demensia, depresi, maupun lelah berlebihan.

2. Mencegah lelah

Jika Anda sering merasa lelah, sakit kepala, sulit fokus, atau jantung berdebar-debar, mungkin Anda tengah mengalami defisiensi zat besi. Sebelum Anda mengonsumsi suplemen penambah darah, tidak ada salahnya jika Anda mencoba makan ampela ayam terlebih dahulu. 

Dalam 100 gram ampela ayam terdapat 2,49 miligram zat besi atau setara 14 persen rekomendasi konsumsi harian untuk satu orang. Zat besi akan membuat sel di dalam tubuh kembali bekerja normal, meningkatkan fungsi imunitas, dan membantu melancarkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang tetap ingin makan enak sambil menurunkan berat badan, konsumsi ampela ayam bisa jadi salah satu alternatifnya. Menurut Jurnal yang diterbitkan Academy of Nutrition and Dietetics Amerika Serikat, mengonsumsi makanan tinggi protein dapat mengurangi nafsu makan sekaligus mencegah obesitas dan penumpukan lemak di perut.

4. Berpotensi mencegah kanker

Kandungan selenium pada ampela ayam dapat meningkatkan kinerja hormon tiroid sehingga tubuh mampu melawan efek buruk dari radikal bebas. Selenium sendiri memiliki potensi untuk melindungi dari munculnya beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, paru-paru, prostat, dan kanker kulit, meski klaim ini masih harus dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut.

Meski memiliki banyak manfaat, ampela tidak boleh dikonsumsi berlebihan, apalagi jika Anda menderita kolesterol tinggi.

Sama seperti organ dalam hewan yang lain, ampela memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi, meski kadarnya tidak sebanyak pada hati dan usus.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."