Tips Sehat Jalani Puasa 2020 selama #dirumahaja

Ilustrasi puasa ramadan. TEMPO/Subekti

kesehatan

Tips Sehat Jalani Puasa 2020 selama #dirumahaja

Kamis, 23 April 2020 08:40 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Bulan suci Ramadan tahun ini berbeda dari sebelumnya. Kita akan menunaikan puasa 2020 dengan beribadah di rumah saja demi memutus mata rantai penularan virus corona baru atau COVID-19. Kendati demikian, kita tetap perlu menyiapkan diri agar kondisi sehat dan bugar selama berpuasa. 

Ahli Gizi Emilia Achmadi mengatakan penting untuk menjaga asupan gizi saat sahur dan buka puasa selama Ramadan.

“Bagi teman-teman yang menunaikan ibadah puasa, jangan lupa untuk memenuhi asupan gizi harian agar bisa tetap fit dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat," ucap Emilia melalui siaran pers yang diterima Tempo.co, pada Rabu, 23 April 2020.

Untuk memenuhi asupan gizi selama berpuasa, Emilia menyarankan minum susu dua gelas dalam sehari; segelas susu saat sahur dan segelas susu setelah berbuka puasa. Sebab susu mengandung kalsium, protein, dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh kita.

"Kedua, coba untuk memilih camilan yang lebih sehat seperti buah-buahan, yoghurt, dan keju saat berbuka puasa dan sebelum tidur. Coba untuk mengganti camilan yang mengandung kadar gula atau lemak yang berlebih, dengan camilan yang lebih bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan," jelas Direktur MesaAcademy ini.

Emilia juga mengimbau agar kita tetap bersemangat menjalankan ibadah bulan Ramadan selama di rumah saja. "Ada berbagai cara untuk bisa tetap semangat seperti mendengarkan musik, istirahat dengan cukup, dan mencoba hal-hal baru," pungkasnya