Labu Kuning Baik untuk Imunitas dan Pencernaan pada Bayi

Labu kuning. Pixabay.com/Emilia Baczynska

kesehatan

Labu Kuning Baik untuk Imunitas dan Pencernaan pada Bayi

Sabtu, 7 Maret 2020 22:30 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Labu kuning dikenal dengan rasa yang manis dan lembut. Teksturnya yang lembut membuat sayuran ini mudah dicerna oleh bayi. Tak heran jika labu kuning menjadi salah satu menu Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau MPASI.

Selain itu, labu kuning kaya akan beta karoten dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi. Buah ini juga rendah lemak dan kalori, dan tinggi serat.  Berbagai nutrisi yang terkandung dalam labu kuning adalah air, protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, vitamin C, folat, tiamin, riboflavin, dan niasin.

Berikut sejumlah manfat labu kuning untuk bayi

1. Kaya nutrisi penting

Labu kuning memberi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi. Vitamin dan mineral di dalam labu  bermanfaat untuk perkembangan bayi. Contohnya magnesium yang dapat membantu membangun tulang bayi lebih kuat. 

2. Baik untuk imunitas

Labu kuning mengandung sejumlah vitamin C yang merupakan antioksidan tinggi dan memiliki sifat antimikroba. Oleh sebab itu, vitamin ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas, serta melindungi bayi dari flu dan pilek.

Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen yang membantu kulitnya tetap sehat dan kenyal.

3. Melancarkan pencernaan

Labu kuning merupakan sumber serat yang sangat baik. Serat dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengatur pergerakan usus bayi. Nutrisi ini juga dapat mengurangi risiko gangguan pencernaan pada bayi, seperti sembelit, diare, dan lainnya.

4. Kaya akan antioksidan

Beta karoten di dalam labu kuning memiliki sifat antioksidan, yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan akibat stres oksidatif sehingga bayi terhindar dari berbagai penyakit. Tubuh bayi akan mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang baik bagi pertumbuhannya, terutama untuk kesehatan mata.

5. Membantu tidur lebih nyenyak

Labu kuning mengandung tryptophan yang dapat membantu menghasilkan hormon serotonin. Hormon ini dapat membuat suasana hati bahagia dan membantu tidur lebih nyenyak.

Selain itu, asam amino yang ditemukan dalam labu juga dapat menghasilkan ketenangan dan rasa kantuk sehingga membuat bayi lebih rileks dan tidur dengan baik.

6. Memiliki sifat antelmintik

Bukan hanya rentan terhadap infeksi, bayi juga rentan terhadap cacing dan organisme makroskopik lainnya. Labu kuning bersifat antelmintik yang dapat mematikan atau melumpuhkan cacing dan organisme-organisme tersebut sehingga baik untuk dikonsumsi bayi.

SEHATQ