Tips Pilih Durian Manis, Perhatikan Bentuknya Kalau Perlu Dijilat

Ilustrasi buah durian. ANTARA/Aditya Pradana Putra

kuliner

Tips Pilih Durian Manis, Perhatikan Bentuknya Kalau Perlu Dijilat

Sabtu, 22 Februari 2020 09:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang yang jarang membeli buah durian umumnya enggan memilih saat membeli. Mereka membiarkan pedagang memilihkan mana durian yang enak dan membawanya pulang atau makan di tempat. Namun ada kalanya lebih puas jika memilih sendiri durian yang hendak dibeli. Tapi bagaimana caranya?

Ada beberapa tips memilih durian yang enak bagi mereka yang awam. Perhatikan beberapa bagian dari buah durian yang bisa mengindikasikan seperti apa kondisi di dalam, sampai cita rasanya. Jika terbiasa, lama-kelamaan pasti tahu apakah durian itu enak atau tidak.

Baca juga: Ibu Hamil Boleh Makan Durian Asal Dibatasi, Ini 5 Manfaatnya

Ilustrasi buah durian. ANTARA/Aditya Pradana Putra

Berikut tips memilih durian yang mudah diterapkan saat membeli:

  1. Perhatikan bentuk durianPilih durian yang bentuknya bulat penuh untuk memastikan daging durian ada di setiap ruasnya. Durian yang bentuknya agak melengkung di satu sisi -biasanya di bagian ujung, bisa dipastikan bagian itu tidak berisi daging buah.

  2. Tangkai durianSetelah mengetahui bentuk durian yang ideal, sekarang perhatikan tangkainya. Dari tangkai ini, kamu bisa membedakan apakah durian tersebut matang di pohon atau tidak. Tentu durian yang matang pohon lebih sedap.

    Cara mengidentifikasinya, jika ujung tangkai terlihat ada bekas potongan pisau, maka buah itu tidak matang di pohon. Ujung buah durian yang matang di pohon tampak lebih kasar.

    Untuk membuktikan apakah daging durian tersebut bercita rasa manis atau tidak, sayat atau potong ujung tangkai durian dan jilatlah. Jika terasa manis, maka buah durian tersebut sudah matang dan daging buahnya manis.

  3. AromaIni yang kerap menjebak pembeli durian. Aroma buah durian begitu menyengat hingga calon pembeli kesulitan membedakan mana yang sudah benar-benar matang dan mana yang belum.

    Untuk mengidentifikasinya, coba jauhkan sedikit buah durian yang kamu pilih dari tumpukan buah durian yang lain. Lalu cium aromanya. Jika memang buah durian yang kamu pilih mengeluarkan aroma khas, maka buah durian itu sudah matang.

  4. Menepuk buah durianJika buah durian ditepuk-tepuk dengan menggunakan benda tumpul, misalnya dengan sisi samping pisau, kemudian terdengar suara 'buk-buk-buk', itu pertanda terjadi perekahan di dalam dan buah durian sudah matang.

  5. Perhatikan durinyaKulit buah durian yang sudah matang akan lebih renggang satu sama lain. Sebaliknya, jika kulit buah durian masih rapat, itu pertanda belum matang.

MUH. SYAIFULLAH