Ibu Hamil Boleh Makan Durian Asal Dibatasi, Ini 5 Manfaatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi ibu hamil. shutterstock.com

Ilustrasi ibu hamil. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu mitos yang beredar soal kehamilan adalah bahwa mengkonsumsi durian berbahaya. Hal ini tentu membuat ibu hamil menahan keinginan untuk makan durian. 

Mitos yang beredar di masyarakat mengasumsikan jika ibu hamil makan durian, maka bisa membuat tubuh mereka menjadi panas dan membahayakan janin. Bahkan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, ibu hamil tidak diperbolehkan untuk makan durian. 

Ibu Hamil Tetap Boleh Mewarnai Rambut, Ini Rahasianya

Fakta yang benar adalah selama tidak dikonsumsi terlalu banyak, durian boleh dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Namun, lain halnya dengan ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional. Ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional sebaiknya menghindari makan durian secara berlebihan karena buah ini mengandung banyak gula dan karbohidrat.

Durian dapat meningkatkan kadar gula darah menjadi sangat tinggi sehingga berisiko membahayakan kehamilan, seperti berat lahir yang lebih dari 3500 gram, kelahiran prematur, meningkatkan kemungkinan persalinan caesar, serta meningkatkan risiko kematian janin dan bayi baru lahir.

Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi durian pastikan apakah Anda memiliki diabetes gestasional ataukah tidak. Periksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan hal tersebut. Selain itu, untuk ibu hamil tanpa diabetes, konsumsilah durian sewajarnya dan jangan berlebihan bila Anda memang menginginkannya.

Durian kaya akan beberapa senyawa yang memiliki efek antimikroba sehingga mampu mencegah infeksi jamur dan bakteri pada wanita hamil. Selain itu, durian juga kaya akan folat yang dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin, serta vitamin B6 yang berperan penting dalam perkembangan fisik dan mental janin.

Dibandingkan buah lainnya, durian memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Buah ini bahkan juga mengandung zat besi, magnesium, serat, protein, tiamin, mangan, kalium, magnesium, riboflavin, dan nutrisi lainnya yang berguna bagi kehamilan. Beberapa senyawa yang ada di durian juga berfungsi sebagai antioksidan.

Berikut adalah manfaat durian untuk ibu hamil makan durian yang mungkin belum Anda ketahui:

#1. Meningkatkan energi
Durian mengandung gula sederhana, seperti fruktosa dan sukrosa, yang memberi Anda energi. Badan pun menjadi berenergi dan tidak lemas meski sedang hamil. Energi tersebut dapat mendorong Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

#2. Terhindar dari risiko kolesterol tinggi
Kondisi kolesterol yang tinggi bisa memicu munculnya penyakit jantung. Selain itu, kolesterol tinggi pada masa kehamilan juga dipercaya mampu meningkatkan risiko kelahiran prematur, diabetes gestasional, dan preeklampsia.

Berbeda dengan mitos yang beredar, mengonsumsi durian tidak akan banyak meningkatkan tingkat kolesterol Anda. Faktanya, buah ini memiliki lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan tingkat kolesterol yang berbahaya dan menormalkan tekanan darah tinggi.

#3. Mengatasi dan mencegah sembelit
Sembelit merupakan hal yang umum terjadi ketika hamil. Durian yang bermanfaat sebagai sumber serat mampu mengatasi dan mencegah sembelit secara alami. Ini tentu sangat membantu Anda dari rasa tidak nyaman pada perut karena sembelit.

#4. Menjaga kesehatan tubuh
Durian kaya akan vitamin B kompleks yang sehat, seperti riboflavin, thiamin, dan niacin yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Selain itu, penting untuk memelihara fungsi tubuh Anda dengan baik saat hamil

Ragam Mitos Gerhana Matahari Total pada Ibu Hamil

#5. Membantu pertumbuhan dan perkembangan janin
Ketika hamil, tubuh memerlukan zat besi untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah bagi Anda dan bayi. Selain itu, zat besi juga dapat membantu meningkatkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan janin Anda. Durian merupakan sumber zat besi dan tembaga yang baik. Keduanya dapat membantu produksi sel darah merah di tubuh yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Jika keinginan ibu hamil makan durian tidak terbendung, konsumsi durian dengan cara disantap langsung ataupun dijadikan jus dan sup buah. Namun, untuk lebih memastikan keamanan dan dampak mengonsumsi durian selama masa kehamilan secara lebih lanjut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."