Suka Makan Durian, Ketahui Dosisnya agar Tak Mabuk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Buah durian lahat di Pasar Kuto, Palembang, Sumatera Selatan. Tempo/Francisca Christy Rosana

Buah durian lahat di Pasar Kuto, Palembang, Sumatera Selatan. Tempo/Francisca Christy Rosana

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buat yang suka durian, menyantap buah yang legit dan manis ini seakan tak ingin berakhir hingga benar-benar habis. Tapi harus diingat kalau semua makanan ada kadarnya.

Ahli nutrisi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia atau Persagi, Rita Ramayulis, mengatakan durian merupakan buah yang tinggi energi. "Takarannya untuk satu kali makan adalah 35 gram daging buah durian atau sebanyak dua biji," ujar Rita.

Selain tinggi energi, durian mengandung lemak, alkohol, karbohidrat, dan indeks glikemik yang tinggi, sehingga tak bisa secara bebas dikonsumsi. "Jika ingin makan durian lebih banyak, sebaiknya kurangi konsumsi bahan makanan sumber karbohidrat lainnya," katanya.

Ilustrasi buah durian. ANTARA/Aditya Pradana Putra

Semakin matang, daging buah durian memiliki kadar alkohol yang kian tinggi akibat proses fermentasi. Namun, menurut Rita, kondisi ini bukan masalah asalkan durian tak dikonsumsi berlebihan.

"Kandungan alkohol pada durian jenisnya etanol dan metanol yang mudah sekali menguap. Jadi bukan masalah besar," ucapnya. Baru menjadi persoalan jika makan durian terlalu banyak sehingga bikin mual atau mabuk dan manfaatnya sia-sia.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."