Lapar Tengah Malam? Sedang PMS dan 8 Pemicu Lainnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

Ilustrasi memakan buah-buahan. Shutterstock.com

IKLAN

4. Kurang tidur

Menurut sebuah hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep, gangguan tidur dapat memicu peningkatan nafsu makan di malam hari. Hal inilah yang berpotensi menyebabkan Anda merasa lapar di malam hari. Kurang tidur juga dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

Pasalnya, kurang tidur menyebabkan tubuh menghasilkan hormon ghrelin lebih tinggi, yakni suatu jenis hormon yang bertanggung jawab untuk menimbulkan rasa lapar.

5. Merasa haus

Haus seringkali disalahartikan sebagai tanda rasa lapar. Ya, kondisi kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi dapat membuat Anda merasa lesu sehingga Anda menjadi lapar di malam hari.

Jika Anda terbangun di malam hari karena rasa lapar, cobalah minum segelas air, lalu tunggu selama beberapa menit untuk mengetahui apakah rasa lapar akan hilang atau tidak. 

6. Sedang PMS (premenstrual syndrome)

Jika Anda memperhatikan adanya perubahan nafsu makan atau lapar di malam hari beberapa hari jelang menstruasi, maka PMS mungkin bisa jadi penyebabnya. PMS adalah suatu kondisi yang dapat memengaruhi fisik dan perilaku wanita yang mengalaminya. Biasanya kondisi yang disebabkan oleh perubahan kadar hormon ini dapat terjadi sebelum menstruasi dimulai.

Makan di malam hari, terutama mengonsumsi camilan manis, adalah salah satu gejala PMS yang kerap disertai dengan perut kembung, merasa lelah, hingga mengalami gangguan tidur.

7. Penggunaan obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan yang Anda minum dapat meningkatkan nafsu makan. Akibatnya, Anda mungkin akan terbangun di malam hari karena lapar.  Jenis obat-obatan yang dapat meningkatkan nafsu makan, antara lain beberapa jenis obat antidepresan; beberapa jenis obat diabetes seperti insulin, obat alergi seperti antihistamin; Obat steroid; Obat migrain; Antipsikotik; Obat antikejang. 

8. Night eating syndrome (NES)

NES adalah salah satu jenis kelainan psikis yang ditandai dengan sering mengalami insomnia dan makan di tengah malam dengan tujuan agar dapat kembali tidur. Beberapa gejala yang ditimbulkan adalah tidak nafsu makan di pagi hari, lapar di malam hari, dan sulit tidur.

Belum diketahui pasti penyebab kondisi kelainan ini. Akan tetapi, para peneliti berspekulasi bahwa kondisi tersebut ada kaitannya dengan kadar hormon melatonin dalam tubuh yang rendah di malam hari. Orang-orang dengan kondisi NES juga memiliki kadar hormon leptin yang rendah sebagai penekan nafsu makan alami serta kondisi lainnya, seperti sistem respons stres dalam tubuh. 

9. Kondisi kesehatan lainnya

Beberapa kondisi kesehatan tertentu dapat memengaruhi nafsu makan Anda, terlebih jika melibatkan sistem metabolisme tubuh. Kondisi kesehatan yang dapat berpengaruh terhadap nafsu makan, di antaranya obesitas, diabetes, dan hipertiroidisme. 

SEHATQ

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."