Michelle Obama Tiru Gaya Parenting Ibunya, Bebaskan Minat Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Michelle Obama, Natasha Obama, Barack Obama, Malia Ann Obama. Instagram.com/@michelleobama

Michelle Obama, Natasha Obama, Barack Obama, Malia Ann Obama. Instagram.com/@michelleobama

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti orang tua pada umumnya, Barack dan Michelle Obama melewati momen haru yang sama dengan orang tua lainnya ketika melepas anak keluar dari rumah untuk kuliah. Putri bungsu, Sasha Obama (18 tahun) mulai tinggal di asrama dekat kampusnya.

"Tentu saja agak emosional untuk mengirim Sasha di perguruan tinggi," kata Michelle.

Ia mengaku bagian tersulit dari semua itu adalah merindukan dua anak gadisnya. Putri pertama mereka, Malia (21 tahun), sudah terlebih dahulu kuliah dan kini berada di tahun ketika Universitas Harvard, Amerika Serikat. Keluarga ini kini hanya bisa berkumpul di akhir pekan atau ketika Michelle dan suaminya mengunjungi mereka di kampus.

“Waktu berjalan sangat cepat. Tetapi seperti banyak pengalaman dalam 10 tahun terakhir, kami ingin membuatnya terasa senormal mungkin, mengingat keadaan keluarga kami,” kata mantan ibu negara Amerika Serikat itu kepada majalah People edisi awal Desember 2019.

Seperti orang tua lainnya, Michelle mengantar Sasha ke asrama, membantunya membongkar dan menyusun barang-barangnya. Meski demikian, ia berusaha membuat Sasha mandiri dengan membiarkan dia merawat dirinya sendiri.

"Sebagai orang tua, salah satu hal terpenting yang dapat kita berikan kepada anak-anak kita adalah kebebasan untuk menemukan jalan mereka sendiri di dunia,” kata dia.

Ia mempelajari hal itu dari kedua orang tuanya. Michelle mengatakan, ibunya memastikan ia dan saudara laki-lakinya memiliki ruang untuk berpikir, membuat kesalahan, dan melakukan yang mereka inginkan. Kini, ia mencoba melakukan hal yang sama dengan Sasha dan Malia, menghormati hasrat unik yang dimiliki masing-masing.

"Barack dan aku berusaha memastikan bahwa anak-anak perempuan kami tahu bahwa mereka tidak memiliki batas untuk apa yang dapat mereka capai," ujar dia.

Sejak Obama meninggalkan Gedung Putih pada 2017, mantan presiden dan ibu negara ini sibuk dengan yayasan mereka. Michelle berfokus pada upaya pada peningkatan akses pendidikan pada anak perempuan di seluruh dunia.

MILA NOVITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."