EOWA 2020, Awards untuk Womenpreneur di Wilayah Indonesia Timur

Caroline Gondokusumo President of Entrepreneurs' Organization Indonesia East dan Gati Wibawaningsih Dirjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian saat ditemui di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Rabu 4 Desember 2019. TEMPO/Silvy Riana Putri

karir

EOWA 2020, Awards untuk Womenpreneur di Wilayah Indonesia Timur

Senin, 16 Desember 2019 12:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pertumbuhan womenpreneur atau wanita pengusaha di Indonesia berkembang pesat. Dilihat dari sektor jumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) saja, jumlahnya mencapai 4,4 juta, hampir 50 persennya adalah perempuan  pengusaha. Kebanyakan dari mereka bergerak di bidang komoditi makanan dan minuman dengan persentase jumlah mencapai 90 persen.

Menyimak cuplikan data yang dijabarkan oleh Gati Wibawaningsih Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil, Menengah, dan Aneka di Kementerian Perindustrian, tak heran wanita pengusaha terus bermunculan. Menyambut hal tersebut, Entrepreneur’s Organization atau EO menyelenggarakan Entrepreneurs Organization Womenpreneur Award (EOWA) pada Maret 2020. EOWA ini dikhususkan untuk womenpreneur dari wilayah Indonesia Timur. 

“EO Womenpreneurs Award (EOWA) ini juga merupakan bentuk dukungan EO terhadap pemberdayaan wanita dalam kesetaraan gender (gender equality) sesuai dalam Sustainable Development Goals ke-5 yang merupakan program dari United Nations,” ungkap Caroline Gondokusumo, President of Entrepreneurs’ Organization Indonesia East saat ditemui di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Rabu 4 Desember 2019.

Ia menjelaskan lebih lanjut, “Penghargaan kali ini difokuskan pada  kawasan Timur Indonesia, yang juga mencerminkan dukungan dan komitmen pemerintah dalam membangun dan memberikan kesempatan kepada Indonesia Timur.”

Selaku perwakilan dari stakeholders, Gati Wibawaningsih pun menyambut baik ajang penghargaan khusus wanita pengusaha di Indonesia timur.

“Kami dari pemerintah antusias dan mendukung penuh program ini. EOWA 2020 ini sejalan dengan arah pembangunan Indonesia yang terus ingin lebih memajukan dan mengembangkan bisnis wilayah Indonesia Timur,” tutur Gati.

Ia pun mengharapkan ini menjadi salah satu pintu wanita pengusaha ke mancanegara untuk mengembangkan bisnis. “Sudah saatnya para wirausaha perempuan unjuk gigi untuk dapat lebih banyak mendapatkan kesempatan dalam kancah industri yang lebih besar,  tidak hanya mencakup di Indonesia tetapi juga ke manca negara,” ucap Gati.